alexametrics

Menjaga Kesehatan Fisik dan Jiwa dengan Yoga

loading...
Menjaga Kesehatan Fisik dan Jiwa dengan Yoga
Menjaga Kesehatan Fisik dan Jiwa dengan Yoga. (Koran SINDO. Syarif Hidayatullah).
A+ A-
DEPOK - Sebanyak 150 orang berkumpul mengikuti Soulfull Sunday Yoga Session with Anjasmara. Para pecinta yoga antusias mengikuti olahraga yang dipandu oleh guru yoga kenamaan Anjasmara. Ini merupakan acara yoga pertama yang diselenggarakan di The Margo Hotel yang bekerjasama dengan komunitas Depok24Jam.

Selama dua jam, para yogis dipandu oleh Anjasmara dengan berbagai gerakan. Dimulai dari opening lalu pranayama (pernafasan) tujuan untuk mengatur nafas sebelum yoga dan membantu agar fokus. Dilanjutkan dengan sun breathing (pemanasan) lalu sun salutation dan vinyasa. Soulfull Sunday Yoga Session dibuat dalam dua sesiyang berlangsung di area Plaza The Margo Hotel, Depok. Sesi pertama diisi oleh Anjasmara. Kemudian sesi kedua diisi oleh Zuraini Dewi yang terkenal dengan Yang Flow.

Masyarakat Depok sudah banyak yang peduli dan sadar mengenai kesehatan. Tak sekedar itu, olahraga juga sudah dianggap sebagai gaya hidup banyak orang di era digital. Yoga menjadi olahraga yang banyak diminati karena keunggulan yang dimilikinya. Bahkan saat ini sudah terbentuk banyak komunitas yoga di Depok. Terbukti, peserta tumpah ruah bergabung bersama di acara Soulfull Sunday Yoga Session with Anjasmara. Antara lain, Komunitas Yoga Depok (KYD), Depok Yoga Community (Deyoco), Bilqis, Dee Yoga, Yoga Pesona dan Maharaja Yoga.



Yoga merupakan jenis olahraga yang berasal dari India. Manfaat dari olahraga ini cukup banyak mulai dari memperkuat otot-otot tubuh, meningkatkan fleksibilitas, menenangkan pikiran, sampai melatih pusat pikiran seseorang. “Dengan begitu banyaknya manfaat olahraga yoga bagi kesehatan fisik dan jiwa seseorang, tak heran jika olahraga ini semakin popular dan menjadi pilihan yang diminati,” kata Anjasmara.

Pengaturan nafas yang baik, kata dia, sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Terkadang, jelas lelaki yang akrab disapa Anjas ini, pengaturan nafas yang tidak teratur menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi kurang baik. “Dengan yoga semua itu bisa dikembalikan. Manfaatnya tentu banyak sekali, bukan hanya untuk kesehatan fisik tapi jiwa keseimbangan jiwa,” katanya.

Sementara itu, PRM The Margo Hotel, Kartika Sekartaji mengatakan, antusiasme peserta event yoga cukup tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya jumlah partisipan yang mendaftar mulai dari kalangan individu maupun komunitas di wilayah Depok dan sekitarnya. Alhasil, quota event “Soulful Sunday Yoga with Anjasmara” terisi penuh hanya dalam waktu dua hari. “Ini memang pertama kali dan ternyata sangat tinggi antusias pesertanya,” katanya.

Ke depan, dia berencana akan bekerjasama dengan komunitas-komunitas yang berada di wilayah Depok dan sekitarnya untuk konsisten menyelenggarakan kegiatan positif pada event selanjutnya. “Saat ini kami bekerjasama dengan Depok24jam yaitu salah satu media digital yang menjadi sumber informasi masyarakat depok mengenai event kerjasama dengan komunitas Yoga. Tentu bertujuan untuk meningkatkan minat olah raga terutama Yoga dikalangan masyarakat Depok dan sekitarnya. Ke depan, tidak menutup kemungkinan kerjasama ini terus berkembang untuk komunitas laiNnya,” ucapnya.

Lila, pengelola komunitas Depok24Jam mengatakan, di Depok banyak pecinta yoga. Terbukti dari minat peserta yang sangat tinggi. “Baru dua hari dibuka sudah sold out. Ini menunjukkan animo pecinta yoga di Depok memang tinggi. Ke depan kami akan buat kegiatan sejenis yang bisa menjadi wadah warga Depok untuk bersatu dalam olahraga,” katanya.

Depok24JamKomunitas adalah bagian dari rumah induk @depok24jam yang selama ini menjadi wadah berbagi informasi buat sesama warga Depok. Dia ingin menjadi jembatan mempersatukan semua energi positif warga Depok yang selama ini sudah terkumpul di kelompok-kelompok komunitas yang sudah rutin rajin berbagi energi positif sesama warga. “Ada yang hobi sepeda, yoga, lari, freeletics, seni, bebersih, otomotif, mancing, berkebun, okulele sampai warga yang hobi nyebur ke Sungai Ciliwung membersihkan langsung sampah-sampah,” tuturnya.

Menurutnya, berbekal wadah ini para komunitas di Depok dapat dipersatukan. Selama ini mereka bisa jadi melakukan hal yang sama hanya saja dilakukan per kelompok. Pihaknya ingin ada event bersama seperti yoga sehingga energi positif terkumpul lebih banyak dan bisa menyebarkan energi kebaikan untuk semua warga Depok. “Bagaimanapun seperti warga kota lain, sehari-hari kami dihadapkan masalah macet, polusi, jenuh kerja, itu-itu aja. Kami butuh main bareng buat sekedar saling sapa dan bahagia,” jelasnya. (R Ratna Purnama)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak