Kecemasan Masa Kecil Tingkatkan Risiko Penyalahgunaan Alkohol

Jum'at, 29 Maret 2019 - 23:30 WIB
Kecemasan Masa Kecil Tingkatkan Risiko Penyalahgunaan Alkohol
Kecemasan Masa Kecil Tingkatkan Risiko Penyalahgunaan Alkohol
A A A
JAKARTA - Penelitian terbaru menemukan bahwa anak-anak dan remaja yang menderita kecemasan mungkin berisiko lebih tinggi mengalami gangguan penggunaan alkohol di kemudian hari. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Addiction, sekitar 43% dari asosiasi positif, yang berarti bahwa kecemasan dikaitkan dengan kemungkinan yang lebih tinggi dari gangguan penggunaan alkohol kemudian.

Namun, 11% dari asosiasi itu negatif, dengan kecemasan dikaitkan dengan kemungkinan lebih rendah gangguan penggunaan alkohol di kemudian hari. Sekitar 30% dari asosiasi bersifat samar-samar dan 15% tidak dapat diklasifikasikan berdasarkan informasi yang dilaporkan.

Para peneliti mencatat bahwa penting untuk menentukan individu yang cemas yang mengonsumsi lebih banyak alkohol dan mengembangkan gangguan penggunaan alkohol untuk mengembangkan intervensi yang ditargetkan.

"Bukti dari studi kohort prospektif menunjukkan tetapi tidak konklusif dari hubungan positif antara kecemasan selama masa kanak-kanak dan remaja dan gangguan penggunaan alkohol berikutnya," kata penulis utama Maddy Dyer dari University of Bristol di Inggris.

"Asosiasi kecemasan dengan frekuensi atau kuantitas minum kemudian dan pesta minuman keras tidak konsisten," tambah Dyer.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami mengapa ada perbedaan dalam asosiasi untuk tingkat konsumsi versus penggunaan bermasalah, dan untuk menentukan individu dengan kecemasan yang mengembangkan masalah alkohol," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0491 seconds (0.1#10.140)