Anjat, Tas Tradisional yang Memperkenalkan Budaya Dayak

Minggu, 31 Maret 2019 - 08:29 WIB
Anjat, Tas Tradisional yang Memperkenalkan Budaya Dayak
Anjat, Tas Tradisional yang Memperkenalkan Budaya Dayak
A A A
Rokhmi terinspirasi keindahan heritage Indonesia, baik alam maupun budayanya. Kekayaan budaya ini harus diperjuangkan untuk bisa kokoh berdiri di antara derasnya arus urbanisasi. Gaya hidup yang semakin modern berdampak pada memudarnya kesadaran para generasi muda untuk melestarikan budaya bangsa.

Hal ini juga terjadi pada salah satu karya kerajinan kebanggaan Kalimantan Timur yaitu tas anjat yang semakin sulit ditemui di pasar. Anjat merupakan tas tradisional suku Dayak yang terbuat dari rotan dan memiliki beragam motif yang sangat indah. Tas punggung berbentuk silinder ini sangat unik dan digunakan oleh suku Dayak laki-laki untuk membawa perbekalan selama berburu dan suku Dayak perempuan menggunakannya untuk menyimpan baju dan makanan saat berkebun.

Keunikan, keindahan motif anjat yang beragam dan proses pembuatannya yang bertahap menjadi inspirasi Rokhmi Fitria dengan menghadirkan beragam motif anjat menjadi detail dalam balutan urban style yang unique, luxe & modern. Koleksi yang ditampilkan merupakan busana “mix & match luxury" mengambil tren Neo Medieval dengan color range darkgoldenrod, white, tan, wheat, bisque dan richblack, menggunakan bahan-bahan bertekstur halus dan kaku.

Material yang digunakan adalah superwol, organza, tile, cartier, kulit sintesis, bemberg, dan kain asli Indonesia (kombinasi jumputan dan batik tulis) dengan pewarna alami, dengan detail payet, dihadirkan dengan cutting yang simpel, asimetris, modern dan luxe yang terinspirasi gaya Neo Medieval memberikan nuansa kontemporer yang kental.

Pada karyanya kali ini Rokhmi Fitria mengangkat culture values, yaitu anjat dan kain kombinasi jumputan dan batik tulis pewarna alami sebagai wujud komitmen saat awal brand ini berdiri, sekaligus menjadi DNA brand.

“Menjadikan kain ini sangat bermakna untuk terus dilestarikan dan dikembangkan dengan motif motif yang lebih modern. Di sini kami juga mengajak para fashionista untuk terus mencintai produk asli Indonesia seperti produk kain kombinasi jumputan dan batik tulis pewarna alami ini yang dihadirkan dalam style urban,’’ paparnya.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7043 seconds (0.1#10.140)