Ini Enam Masalah Kesehatan yang Sering Menyerang Kucing

Kamis, 20 Agustus 2020 - 03:43 WIB
loading...
Ini Enam Masalah Kesehatan yang Sering Menyerang Kucing
Layaknya makhluk hidup lainnya, hewan peliharaan yang banyak digemari ini pun dapat terserang penyakit. / Foto: ilustrasi/icatcare
A A A
JAKARTA - Kebanyakan dari cat lovers mungkin sudah mengetahui bahwa terdapat berbagai permasalahan umum yang dihadapi kucing kesayangannya , mulai dari penyakit yang dialami hingga cara penanganannya. Meskipun begitu, gangguan berbeda pada tiap hewan peliharaan , tentu nantinya akan mendapat penanganan berbeda pula.

(Baca juga: Anabul Pet Center, One Stop Shop Khusus Cat Lovers di Depok )

Sebagaimana diketahui, kucing merupakan salah satu hewan pemakan daging atau karnivora. Layaknya makhluk hidup lainnya, hewan peliharaan yang banyakdigemari ini pun dapat terserang penyakit.

"Kucing termasuk hewan yang cukup sensitif, perlu perawatan ekstra agar hewan peliharaan yang cukup digemari ini terhindar dari penyakit. Karenanya perlu pengetahuan dasar mengenai apa saja potensi penyakit yang bisa menyerang kucing," tutur Owner RumahHewan.co.id, Arya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/8).

Bagi yang masih awam, Anda perlu mengetahui sejumlah gangguan yang dapat menyerang kucing kesayangan Anda. Dan berikut ulasan singkat penyakit yang sering dialami kucing dan bagaimana penanganannya.

1. Feline Leukemia Virus

Leukemia merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem imun pada makhluk hidup. Hal ini juga terjadi pada kucing. Virus penyerangnya dapat berpindah dari organisme terinfeksi ke peliharaan sehat. Gejala feline leukemia virus ini di antaranya adalah berupa hilangnya nafsu makan pada kucing, diare, hingga pembengkakan pada kelenjar getah bening. Penanganannya dan pencegahannya adalah dengan melakukan vaksinasi ke dokter hewan.

2. Sakit Mata

Setiap hari kucing mengalami kontak dengan berbagai benda ataupun makhluk lain. Oleh karena itu, mata dari peliharaan imut ini bisa saja terinfeksi oleh virus atau bakteri. Akibatnya, penglihatan menjadi terganggu serta timbul rasa tidak nyaman. Kucing yang mengalami gangguan penglihatan biasanya ditandai dengan perilaku menggaruk-garuk daerah sekitar mata, atau terdapat tumpukan kotoran di bagian sudut. Jika sudah begitu, bersihkan dengan menggunakan cotton bud atau bawalah ke dokter hewan.

3. Gangguan Kutu
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1929 seconds (0.1#10.140)