Jaga Kesehatan dengan Virtual Run

Kamis, 20 Agustus 2020 - 20:15 WIB
loading...
Jaga Kesehatan dengan Virtual Run
Kegiatan TOSS TBC Virtual Run dilakukan di rumah, kapanpun, dengan siapapun sesuai protokol kesehatan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Fakta bahwa Indonesia masih memiliki beban Tuberkulosis (TBC) dan Tuberkulosis Resistan Obat (TBC RO) tertinggi ketiga di dunia, memaksa kita untuk tidak mengabaikan permasalahan penyakit ini. Terlebih lagi, berdasarkan data Global TB Report 2019, ada 11 orang di Indonesia meninggal tiap 1 jam akibat TBC .

Pada dasarnya TBC dan TBC RO dapat disembuhkan serta diatasi melalui pengobatan dan perawatan yang tepat, teratur, juga lengkap. Di sisi lain, kesadaran masyarakat masih relatif rendah terhadap penyakit TBC, termasuk pentingnya kepatuhan pengobatan sebagai kontrol penularan penyakit dan pencegahan terjadinya TBC RO. ( )

Menyadari hal tersebut, tahun ini Kementerian Kesehatan RI didukung oleh PT Johnson & Johnson Indonesia menyelenggarakan kampanye sosialisasi TBC yang melibatkan peran serta masyarakat dan khalayak sasaran usia produktif dalam kegiatan TOSS TBC Virtual Run. Kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan sosialisasi publik Ayo TOSS TBC (Temukan Tuberkulosis Obati TBC Sampai Sembuh) yang mengajak masyarakat untuk mengambil bagian dan berperan aktif mendukung pencegahan serta penanggulangan penyakit TBC dan TBC RO di Indonesia, salah satunya dengan berolahraga .

Dalam situasi pandemi saat ini, kegiatan olahraga dapat tetap dilakukan melalui kegiatan yang aman, sesuai dengan protokol kesehatan, dan tidak melibatkan pengumpulan massa. Kegiatan TOSS TBC Virtual Run dilakukan menggunakan aplikasi lari, serta bisa dilakukan di rumah, kapanpun, dengan siapapun sesuai protokol kesehatan.

Adapun jarak tempuh lari yaitu 13,8 KM dipilih karena tahun ini merupakan tahun peringatan Hari TBC sedunia yang ke-138. Seluruh biaya kepesertaan kegiatan ini akan disalurkan sebagai donasi kepada Perhimpunan Organisasi Pasien TBC (POP TB) untuk mendukung aksi nyata penanggulangan TBC di Indonesia.

Kegiatan TOSS TBC Virtual Run terbuka untuk umum dengan minimal usia 17 tahun. Adapun periode lari dimulai bertepatan dengan HUT RI pada 17 Agustus 2020 sampai dengan 31 Agustus 2020.

“Sebagai salah satu perusahaan perawatan kesehatan global, Tuberkulosis juga merupakan salah satu fokus utama kami dalam hal perbaikan kesehatan masyarakat," kata Devy Yheanne, Country Leader of Communication and Public Affairs PT Johnson & Johnson Indonesia. ( )

"Kami sadar bahwa industri juga memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung upaya pemerintah mengakhiri TBC di Indonesia. Sejak 2015, PT Johnson & Johnson Indonesia telah terlibat dan turut berperan aktif dalam program pemberantasan TBC. Kami senantiasa mendukung pemerintah dalam upaya mewujudkan Indonesia Bebas TBC 2030,” pungkas Devy.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2698 seconds (0.1#10.140)