Libur Panjang Iduladha, Kemenparekraf Minta Perhatikan Keamanan dan Keselamatan

Senin, 10 Juni 2024 - 19:30 WIB
loading...
Libur Panjang Iduladha, Kemenparekraf Minta Perhatikan Keamanan dan Keselamatan
Kemenparekraf meminta masyarakat untuk memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan saat berlibur ke sejumlah tempat wisata pada libur panjang Iduladha. Foto/Wiwie Heriyani
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meminta masyarakat untuk memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan saat berlibur ke sejumlah tempat wisata di Indonesia pada momen libur panjang Iduladha tahun ini.

Libur panjang Iduladha sendiri akan jatuh pada 15-18 Juni 2024. Sehingga, agar tetap aman dan nyaman selama liburan, Kemenparekraf mengimbau memperhatikan beberapa hal. Termasuk cuaca di tempat wisata yang akan dikunjungi.

"Ada long weekend di Iduladha, 15-18 Juni, dan mari kita menghimbau kepada konsumen ya tentunya, tetap memperhatikan aspek keamanan, keselamatan, dan juga cek cuaca," kata Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Nia Niscaya dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Kemenparekraf, Jakarta, Senin (10/6/2024).

"Karena kan ini juga tidak menentu prediksi cuaca, dan do and don't di destinasi yang akan kita kunjungi," sambungnya.



Sementara bagi para pengusaha dan pelaku pengelola industri pariwisata, Nia mengimbau agar mempersiapkan segala hal. Ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

"Kemudian bagi para pengusaha sendiri, pelaku pengelola industri, tolong siapkan semuanya menghadapi lonjakan pengunjung,” jelasnya.

“Jangan lupa visitors management, teknik itu betul-betul harus diterapkan, karena apa pun ada crowd di suatu tempat, tentu tidak akan lebih aman kalau itu betul-betul diperhatikan penyebarannya. Dan kembali visitors management itu jadi kunci kenyamanan dan keselamatan," tambahnya.

Salah satu yang menurut Nia harus diperhatikan pengelola wisata adalah jalur evakuasi di tempat wisata untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Dan jangan lupa jalur evakuasi kalau terjadi apa-apa kita tidak ingin. Tapi persiapan itu tentu akan baik, karena itu penanganan itu harus disiapkan,” ujarnya.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)
pixels