alexametrics

Saat Flu, Kapan Anda Harus ke Dokter?

loading...
Saat Flu, Kapan Anda Harus ke Dokter?
Pilek adalah jenis infeksi virus yang umum di saluran udara bagian atas. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Pilek adalah jenis infeksi virus yang umum di saluran udara bagian atas. Kondisi ini umumnya menyebabkan gejala-gejala di hidung, sinus, dan tenggorokan. Kebanyakan flu tidak bertahan lama. Faktanya, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan kebanyakan orang sembuh dari flu dalam waktu sekitar 7-10 hari.

Dilansir Medical News Today, dalam banyak kasus, tubuh menghilangkan infeksi tanpa memerlukan perawatan medis. Namun, jika gejala pilek tidak hilang atau memburuk setelah 10 hari, yang terbaik adalah pergi ke dokter. Dokter juga dapat membantu mengobati gejala parah atau tidak biasa.
Beberapa orang, termasuk bayi, mereka yang menerima pengobatan untuk kanker, orang dengan HIV dan orang di atas 65 tahun, memiliki risiko komplikasi yang lebih tinggi dari pilek dan flu. Siapapun dalam kelompok ini yang mengalami gejala mirip flu, seperti demam, kedinginan, dan sakit tubuh, harus ke dokter.

Sementara, gejala flu tidak muncul segera setelah seseorang tertular virus. Ini adalah masa inkubasi virus. Masa inkubasi untuk flu biasa adalah sekitar 1-3 hari. Selama waktu ini, orang tersebut dapat menularkan virus ke orang lain, bahkan jika mereka tidak menunjukkan gejala.



Sebenarnya, setiap kali seseorang memiliki gejala pilek, mereka dapat menularkannya kepada orang lain. Namun, orang tersebut mungkin paling menular dari sehari sebelum gejala mulai dan selama 5 hari awal sakit. (Baca juga: Suplemen Kalsium yang Berlebihan Dapat Meningkatkan Risiko Kanker).

Pilek biasanya menyebar melalui tetesan atau uap ketika orang sakit batuk, bersin, atau meniup hidung mereka. Lendir dan air liur mereka dapat melewati saluran udara orang lain dan memulai infeksi di sana.

Virus flu dapat hidup di luar tubuh selama beberapa jam, yang berarti bahwa seseorang dapat menularkan flu kepada orang lain dengan berbagi benda seperti kain muka, piring, atau peralatan makan.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak