alexametrics

Olahraga Terbaik untuk Penderita Diabetes Tipe 2

loading...
Olahraga Terbaik untuk Penderita Diabetes Tipe 2
Olahraga teratur menjadi cara terbaik untuk mengelola kadar gula darah, khususnya bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2. Foto/Shutterstock.
A+ A-
JAKARTA - Bagi orang yang menderita diabetes tipe 2, diet sehat dan olahraga teratur menjadi cara terbaik untuk mengelola kadar gula darah dan mempertahankan berat badan yang sehat, tentunya selain obat yang diresepkan dokter.

Diabetes tipe 2 dapat menyebabkan komplikasi kesehatan serius yang berkaitan dengan jantung, ginjal, mata, saraf, dan kaki. Hal ini terjadi , jika tidak ditangani atau tidak dikelola dengan baik. Namun, perubahan gaya hidup sehat, seperti meningkatkan pola makan dan berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga kadar gula darah. Berolahraga juga akan mencegah penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya yang berhubungan dengan diabetes.

Para ahli kesehatan mengatakan berlari dapat bermanfaat untuk mengendalikan diabetes serta mengurangi risiko mengembangkan kondisi. Menurut Diabetes.co.uk, berlari adalah bentuk olahraga yang ideal untuk penderita diabetes karena dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.



Dengan demikian, berlari sangat membantu bagi penderita diabetes tipe 2 untuk memerangi resistensi insulin secara alami.

Satu studi yang membandingkan berlari dengan berjalan untuk menurunkan berat badan dan diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, menemukan bahwa orang yang berjalan teratur cenderung menghabiskan kurang dari setengah energi keseluruhan melalui olahraga daripada mereka yang berlari.

Yang mengejutkan, penelitian ini juga menunjukkan manfaat lebih besar dari berlari daripada berjalan bahkan ketika jumlah energi yang sama dikeluarkan. (Baca juga: 7 Jenis Teh Ini Bisa Atasi Penuaan Kulit hingga Kesehatan Jantung).

Dilansir Times Now News, berlari secara teratur tidak hanya akan membantu Anda mengelola kadar gula darah dan menurunkan berat badan. Aktivitas fisik ini juga akan meningkatkan kesehatan Anda dalam beberapa cara dari meningkatkan kesehatan jantung hingga mengurangi stres dan gejala depresi.

Berlari secara teratur dapat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran Anda dalam banyak cara. Namun, Anda tidak bisa menjadi pelari maraton semalam, Anda bisa mulai dengan interval lari pendek, terutama jika Anda seorang pemula dan mencoba untuk mengatasi diabetes Anda dengan olahraga.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak