Madu Obat Ampuh Mengobati Batuk dan Pilek

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 16:06 WIB
loading...
Madu Obat Ampuh Mengobati Batuk dan Pilek
Sebuah studi baru menemukan bahwa madu merupakan pengobatan yang lebih baik untuk batuk dan pilek daripada obat-obatan yang dijual bebas. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sebuah studi baru menemukan bahwa madu merupakan pengobatan yang lebih baik untuk batuk dan pilek daripada obat-obatan yang dijual bebas.

Para peneliti mengatakan madu lebih efektif dalam meredakan gejala penyakit pilek dan flu daripada pengobatan komersial biasa, dan dapat memberikan alternatif antibiotik yang lebih aman, lebih murah dan lebih mudah tersedia.

Dilansir CNN, peneliti mendorong dokter untuk mempertimbangkan merekomendasikannya kepada pasien sebagai pengganti resep antibiotik, yang dapat menyebabkan efek samping dan menyebabkan resistensi antibiotik jika digunakan secara berlebihan.

Madu telah lama digunakan sebagai obat rumahan untuk batuk, namun efektivitasnya dalam mengobati penyakit umum belum banyak diteliti.

Dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Oxford dan Departemen Ilmu Kesehatan Perawatan Primer Nuffield menganalisis bukti yang ada untuk menentukan bagaimana gejala infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) menanggapinya. URTI adalah penyakit mirip flu biasa yang menyerang hidung, sinus, faring, atau laring.

"Madu lebih unggul dari perawatan biasa untuk perbaikan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas. Ini memberikan alternatif yang tersedia secara luas dan murah untuk antibiotik. Madu dapat membantu upaya untuk memperlambat penyebaran resistensi antimikroba, tetapi uji coba terkontrol plasebo berkualitas tinggi lebih lanjut diperlukan," tulis peneliti dalam jurnal BMJ Evidence-Based Medicine.

Peneliti mengumpulkan hasil dari 14 studi, 9 di antaranya hanya melibatkan anak-anak. Madu paling banyak dibandingkan dengan perawatan yang lebih konvensional seperti obat-obatan yang dijual bebas.

Namun, ketika mereka melihat penelitian yang membandingkan madu dengan plasebo, penulis tidak dapat mencapai kesimpulan yang sama seperti yang mereka lakukan saat melihat penelitian perbandingan lainnya. Mereka mengatakan lebih banyak penelitian harus dilakukan untuk perbandingan itu.

Di sisi lain, badan kesehatan masyarakat Inggris telah berulang kali memperingatkan tentang bahaya penggunaan antibiotik secara berlebihan. Pada 2018, mereka mengatakan bahwa jutaan prosedur pembedahan dapat mengancam jiwa jika efek antibiotik berkurang melalui resep yang berlebihan. (Baca juga: Apakah Kacang Tanah Baik untuk Penderita Diabetes? ).

“Karena sebagian besar URTI adalah virus, resep antibiotik menjadi tidak efektif dan tidak tepat. Namun, kurangnya alternatif yang efektif, serta keinginan untuk menjaga hubungan pasien-dokter, keduanya berkontribusi pada antibiotik daripada resep," jelas peneliti.

Penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa madu memiliki kekuatan untuk membunuh bakteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa, madu efektif melawan lusinan strain, termasuk E. coli dan salmonella.

Jenis madu tertentu dari Selandia Baru, yang disebut manuka, dan madu tualang Malaysia telah terbukti melawan Staph dan bakteri pencernaan yang bertanggung jawab atas tukak lambung, H. pylori.

Sementara itu, studi lain terhadap 139 anak-anak menemukan bahwa madu melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam meredakan batuk di malam hari dan meningkatkan kualitas tidur daripada dekstrometorfan penekan batuk yang populer dan antihistamin diphenhydramine.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)