5 Tips Agar Poni Rambut Terlihat Flat dan Mempesona

Kamis, 18 April 2019 - 10:34 WIB
5 Tips Agar Poni Rambut Terlihat Flat dan Mempesona
5 Tips Agar Poni Rambut Terlihat Flat dan Mempesona
A A A
JAKARTA - Tren gaya rambut berponi hampir selalu populer dan digemari banyak orang. Sejumlah selebritas pun tampil cantik dengan gaya rambut ini. Cukupa banyak ragam gaya rambut berponi yang menarik untuk dicoba. Salah satu kelebihan gaya rambut berponi adalah efek membingkai wajahnya yang dapat membuat seseorang tampak lebih muda.

Kendati demikian, poni cenderung mudah lepek dan terlihat flat alias tidak bervolume. Untuk mencegah poni Anda terlihat flat, berikut tips yang bisa dilakukan seperti dikutip dari Sociolla.

1. Tata poni setelah keramas
Salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh pemilik rambut berponi adalah mengabaikan poni setelah keramas hingga kering. Memiliki helaian lebih sedikit, poni cenderung lebih cepat kering ketimbang sisa rambut Anda dan setelah kering, tatanan poni cukup sulit untuk diubah tanpa menggunakan bantuan hair styling tool.

Jika saat dibiarkan mengering sendiri, poni tidak akan memiliki bentuk atau tatanan yang Anda inginkan. Sebaiknya segera menyisir dan menata poni selagi lembap setelah keramas. Dengan bantuan sisir dan hairdryer, Anda bisa menata poni agar tampak bervolume secara alami tanpa bantuan alat catok.

2. Kuasai teknik menata poni yang sesuai dengan keinginan

Untuk menata poni, pilihlah alat catok berplat datar yang lebih mudah untuk dikontrol. Alat catok keriting cenderung membuat poni Anda terlihat terlalu melengkung. Sayangnya, tak ada tips spesifik untuk menguasa teknik menata poni, jadi banyak-banyak berlatih saja.

3. Rutin bersihkan poni
Keramas setiap hari mungkin akan menimbulkan beberapa masalah untuk rambut, sehingga Anda mungkin hanya keramas setiap beberapa hari sekali. Namun, berbeda dengan poni Anda yang membutuhkan waktu beberapa jam sebelum lepek dan berminyak, sehingga perlu memberi perhatian khusus dengan lebih sering membersihkannya. Caranya cukup menguncir atau menjepit sisa rambut Anda, lalu keramasi poni dan keringkan. Trik keramas poni ini juga bisa Anda praktikkan jika poni Anda tertata ke arah yang salah.

4. Berhati-hati saat mengaplikasikan skin care atau makeup

Tanpa disadari, mungkin salah satu alasan kenapa poni cepat lepek adalah skin care atau makeup di area dahi. Bukan artinya Anda harus menghindari penggunaan skin care atau makeup pada dahi, tapi sebaiknya berhati-hatilah saat mengaplikasikan makeup dan terutama skin care yang biasanya memiliki tekstur cair seperti moisturizer atau sunscreen. Agar poni Anda tak mudah lepek, Anda bisa menjepit poni atau menahannya dengan rol rambut saat mengaplikasikan skin care atau makeup dan tunggu hingga produk kering sebelum membiarkan poni jatuh kembali pada dahi.

5. Gunakan dry shampoo
Tak bisa dipungkiri, meski sudah menjalankan berbagai tips untuk menjaga poni agar tetap bervolume, tetap saja pada hari-hari tertentu poni cepat lepek. Jika sudah begini, solusi termudahnya adalah dengan menggunakan dry shampoo. Tidak perlu mengaplikasikan banyak-banyak, semprotkan secukupnya saja agar poni tak lagi terlihat lepek. Jika Anda memiliki jenis rambut berminyak plus wajah berminyak, sebaiknya selalu sedia kertas minyak dan dry shampoo agar poni tetap on fleek.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7997 seconds (0.1#10.140)