Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN 2024, Tingkatkan Kesadaran untuk Cegah DBD

Sabtu, 15 Juni 2024 - 16:00 WIB
loading...
A A A
Sedangkan, kasus tertinggi berada di Provinsi NTT dengan jumlah 4.493 kasus. Dari jumlah tersebut, kasus di Kabupaten Sikka sebanyak 1.529 kasus.

Tahun ini, masyarakat tidak henti dihimbau mewaspadai siklus DBD lima tahunan, yang mempunyai tren atau kecenderungan peningkatan kasus. Pasalnya, kasus DBD erat kaitannya dengan kondisi alam. Namun, dapat dicegah dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Seperti yang telah diketahui, demam berdarah dengue adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus betina. Virus ini terbagi menjadi empat jenis yaitu DEN 1, DEN 2, DEN 3 dan DEN 4.

Biasanya penyakit ini ditandai dengan gejala demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, ruam kulit, mual dan muntah, nyeri di belakang mata. Sedangkan kasus DBD yang lebih parah ditandai dengan gejala pendarahan, nyeri perut, muntah darah, feses berwarna hitam, kesulitan bernapas, hingga penurunan tekanan darah.

(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3738 seconds (0.1#10.140)