Konsumsi BBM Tembus 100 KM/Liter, Berikut Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar Menggunakan Yamaha Fazio

Sabtu, 15 Juni 2024 - 20:02 WIB
loading...
Konsumsi BBM Tembus 100 KM/Liter, Berikut Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar Menggunakan Yamaha Fazio
Event Clan of Classy di Jakarta pada Minggu (19/5/2024). (Foto: dok Yamaha)
A A A
JAKARTA - Berkendara dengan sepeda motor jadi kegiatan yang jamak dilakukan saat ini, selain karena praktis dan efisien, sepeda motor juga dikenal gesit, irit dan mudah dikendarai.

Bicara mengenai irit, Yamaha kembali mengadakan kompetisi eco-riding untuk menguji seberapa irit konsumsi bahan bakar dari line up Classy Yamaha pada event Clan of Classy di Jakarta pada Minggu (19/5/2024).

Pada event ini, para peserta berkesempatan untuk mengendarai Fazzio Hybrid untuk berkeliling Kota Jakarta dengan jarak kurang lebih 80 kilometer. Selain berkendara dengan Yamaha Fazzio Hybrid, mereka juga ditantang untuk melakukan Eco-Ride Challenge.
Konsumsi BBM Tembus 100 KM/Liter, Berikut Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar Menggunakan Yamaha Fazio

Para peserta Event Clan of Classy. (Foto: dok Yamaha)

Tidak hanya itu, peserta juga berlomba untuk mendapatkan hasil konsumsi bahan bakar paling irit pada Fazzio Hybrid Series masing-masing. Dengan mayoritas kondisi perjalanan yang relatif lancar, peserta berkendara melewati Jalan Letjen Suprapto, kemudian menuju Barito melalui Jalan Asia Afrika, hingga berakhir di salah satu cafe estetik di daerah Matraman.

Menariknya, peserta juga berkesempatan melewati jalur yang banyak digunakan oleh komunitas Sunmori (Sunday Morning Ride) yang terkenal di Jakarta, seperti daerah Senayan dan Jalan Dipati Unus.

Di luar dugaan salah satu dari peserta Eco Ride Challenge berhasil mendapatkan konsumsi bahan bakar yang bisa dibilang sangat irit yaitu 102.8 kilometer/liter*. Sedangkan untuk rata-rata hasil pengetesan konsumsi bahan bakar Fazzio Hybrid mencapai 84.4 kilometer/liter*.

Metode yang digunakan pada Eco-Ride Challenge kali ini adalah dengan menggunakan metode full to full yang diukur berdasarkan jarak tempuh selama berkendara.

Salah satu blogger peserta Eco-Ride Challenge, Ari mengungkapkan, agar konsumsi bahan bakar irit, maka dibutuhkan konsistensi dalam gaya berkendara.

“Untuk memperoleh hasil konsumsi bahan bakar yang irit dibutuhkan konsistensi dalam gaya berkendara. Mulai dari konsisten pada saat buka-tutup gas hingga menahan kecepatan ideal untuk menekan konsumsi bahan bakar berlebih,” tuturnya.

Dia menambahkan, pengereman juga berperan penting dalam berkendara irit bahan bakar.

“Pengereman juga punya peran penting dalam berkendara irit bahan bakar. Pada event Clan of Classy minggu lalu saya coba beberapa teknik tersebut dan hasilnya sangat di luar dugaan saya berhasil memperoleh konsumsi bahan bakar yang sangat irit di 102.8 kilometer/liter.

Lebih lanjut, Ari mengungkapkan bahwa konsumsi Fazzio Hybrid Series sangat irit.

“Hasil ini kembali menunjukan bahwa konsumsi Fazzio Hybrid Series memang sangat irit. Dibalik desain yang unik dan tampilan yang Classy, mesin Blue Core Hybrid pada motor ini mampu menekan konsumsi bahan bakar untuk semakin irit. Blue Core Hybrid dari Fazzio juga dapat membantu akselerasi saat motor membutuhkan momen torsi yang lebih besar. Terlepas dari itu semua hasil ini memang tergantung dari banyak faktor seperti bobot pengendara, pemilihan jalur dan juga gaya berkendara.” tuturnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0825 seconds (0.1#10.140)
pixels