alexametrics

Apakah Aman Minum Air yang Sudah Lama Tak Digunakan?

loading...
Apakah Aman Minum Air yang Sudah Lama Tak Digunakan?
Tak sedikit orang yang minum dari air yang sudah tersimpan lama. Baik di gelas atau di botol. Kebanyakan yang tersimpan di dalam mobil. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Banyak dari kita yang minum dari air yang dibiarkan semalaman di meja samping tempat tidur. Atau bahkan dari botol air yang tertinggal di dalam mobil semalaman. Lalu, seberapa aman air yang telah disimpan semalaman atau bahkan lebih lama untuk diminum kembali?

Kadang minum air dari gelas yang ditinggalkan lama di meja terasa berbeda. Ini terjadi karena karbon dioksida. Ketika Anda meninggalkan gelas air terbuka selama sekitar 12 jam, karbon dioksida di udara mulai bercampur dengannya. Ini mengurangi tingkat pH air dan membuatnya terasa tidak enak. Namun, air itu tetap aman untuk diminum.

Selain itu, sebagian besar ahli percaya bahwa air ledeng memiliki umur simpan selama enam bulan. Setelah periode ini, klorin dalam air menghilang ke titik dimana bakteri dan ganggang mulai tumbuh di dalamnya. Pertumbuhan bakteri, bahkan tinggi ketika Anda menyimpan air di tempat yang hangat.



Namun, Anda harus menghindari minum dari air dengan wadah terbuka untuk waktu yang sangat lama. Air yang dibiarkan semalam atau untuk jangka waktu yang lama dalam gelas terbuka atau wadah adalah rumah bagi banyak bakteri dan tidak aman untuk diminum. Anda tidak pernah tahu berapa banyak debu, puing-puing, dan partikel mikroskopis kecil lainnya yang mungkin masuk ke gelas itu.

Selain itu, air yang tersisa dalam botol untuk waktu yang lama juga tidak aman untuk diminum. Ketika meletakkan mulut di tepi botol untuk minum air, kulit mati, debu, dan keringat yang menutupi kulit menjadi tercuci di sisa air.

Kita semua tahu bahwa air liur kita pun membawa banyak bakteri, yang semuanya tercampur dengan air dalam botol. Jika dibiarkan beristirahat sebentar, bakteri tumbuh di dalamnya dan ketika Anda minum air yang sama lagi, bakteri akan menemukan jalan masuk ke tubuh. Ini dapat menyebabkan banyak masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Lebih buruk lagi ketika Anda berbagi air dengan seseorang yang menderita penyakit menular.

Demikian dengan air yang tersimpan lama di dalam mobil. Minuman ini mungkin memanas akibat sinar matahari yang berfungsi sebagai tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri. Botol yang terbuat dari BPA atau bahan kimia lain bahkan dapat melarutkan bahan kimia dalam air yang dapat membahayakan kesehatan.

Jadi, tidak ada salahnya air minum dibiarkan semalaman jika disimpan dengan benar. Kemudian, selalu tutupi air yang disimpan dalam gelas atau wadah terbuka. (Baca juga: Hewan Peliharaan Bisa Meningkatkan Kesehatan Orang Tua).

Hal yang juga harus diperhatikan, jangan pernah menaruh mulut ke botol dan jika sudah, selesaikan seluruh botol dalam sekali jalan. Jangan juga tinggalkan botol air di mobil dan gunakan gelas untuk minum air dan cuci setiap hari.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak