Bunda, Ini Cara Mengobati Ruam Popok dengan Bahan Alami

Sabtu, 20 April 2019 - 17:12 WIB
Bunda, Ini Cara Mengobati Ruam Popok dengan Bahan Alami
Bunda, Ini Cara Mengobati Ruam Popok dengan Bahan Alami
A A A
NEW DELHI - Ruam popok cukup umum di kalangan bayi dan balita. Gejala umum ruam popok adalah bercak merah dan sisik di daerah genital dan punggung. Popok yang kotor atau basah adalah penyebab umum. Jika tidak diobati, ruam popok dapat menyebabkan infeksi bakteri pada bayi dan dapat menyebabkan mereka sangat tidak nyaman.

Paparan feses yang lama juga dapat mengiritasi kulit bayi. Nah, seperti dilansit Times Of India, berikut ini adalah beberapa pengobatan rumahan yang dinilai bisa mengobati ruam popok yang disebabkan ragi dan infeksi bakteri.

1. Krim ruam buatan rumah
Berbagai macam krim ruam popok tersedia di pasaran, tetapi jika Anda yakin tidak menggunakannya, maka Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan sederhana.

Cara membuat: Ambil 1 cangkir minyak kelapa, 1 cangkir minyak zaitun, 8 tetes minyak esensial lavender, 6 tetes minyak esensial lemon dan 4 tetes minyak esensial pohon teh. Campur semuanya dan simpan di kulkas Anda. Oleskan setiap kali Anda mengganti popok bayi Anda.

2. Cuka sari apel
Cuka sari apel bekerja efektif pada infeksi jamur dan ragi. Ini membantu untuk menghilangkan ruam popok dengan cepat. Cairan fermentasi membunuh bakteri yang membuat ruam bertambah buruk dan mencegah pertumbuhan ragi.

Cara menggunakannya; tambahkan satu sendok teh cuka sari apel dalam secangkir air dan basuh bagian bawah bayi Anda setiap kali Anda mengganti popoknya. (Baca juga: Minyak Goreng yang Digunakan Kembali Memicu Kanker Payudara ).

3. Minyak zaitun
Karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba, minyak zaitun membantu menghilangkan ruam yang menyakitkan. Mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun pada ruam bayi Anda akan meringankan kulit yang gatal.

4. Minyak kelapa
Minyak kelapa umumnya ditemukan di setiap rumah tangga dan bisa sangat efektif untuk ruam popok. Minyak terhidrasi dan bertindak sebagai lapisan pelindung. Beberapa penelitian mengkonfirmasi bahwa minyak kelapa memiliki sifat anti-jamur, yang bekerja sangat baik pada ruam ragi.

5. ASI
Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang tersedia untuk membuktikan bahwa ASI efektif pada ruam popok, tidak ada salahnya mencoba karena tidak memiliki efek samping. Oleskan beberapa tetes ASI ke daerah yang terkena ruam dan biarkan mengering sebentar sebelum memakai popok segar. (Baca juga: Song Joong Ki Terlihat Gagah di Drama Arthdal Chronicles ).

6. Teh chamomile dan madu
Teh chamomile dan madu bertindak sebagai antiseptik pada ruam popok bayi. Ini menghilangkan ruam dan membantu kulit sembuh. Campurkan dua cangkir teh chamomile dengan satu sendok teh madu dan semprotkan di atas ruam bayi Anda setiap hari sambil mengganti popoknya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6115 seconds (0.1#10.140)