alexametrics

Masuk Agenda Nasional, Tiga Event Unggulan Sulut Siap Tarik Wisatawan

loading...
Masuk Agenda Nasional, Tiga Event Unggulan Sulut Siap Tarik Wisatawan
Edwin Silangen bersama Arief Yahya saat meresmikan Calender of Event 2019 Sulawesi Utara di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (22/4/2019). / Foto: ist
A+ A-
JAKARTA - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara (Sulut), Edwin Silangen berharap tiga event daerah yang masuk ke dalam event nasional bisa menarik wisatawan ke wilayah Sulut lebih banyak lagi. Ketiga event tersebut yaitu Festival Bunaken, Festival Pesona Selat Lembeh dan Tomohon International Flower Festival masuk ke dalam 100 Wonderful of Event 2019.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Menteri Pariwisata yang terus mendukung kemajuan potensi wisata daerah di Sulawesi Utara. Terimakasih juga telah memasukan tiga event daerah dari 14 event ke dalam kalender nasional," ujar Silangen saat meresmikan Calender of Event 2019 Sulawesi Utara yang dilaksanakan di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, yang turut dihadiri Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Senin (22/4).

Dalam pelaksanaan ketiga event itu nantinya akan ditampilkan produk unggulan dari berbagai daerah serta akan menampilkan pentas seni budaya yang ada di Sulawesi Utara, kegiatan marine tourism, kegiatan ecotourism, carnaval, kuliner, sport dan fashion.



"Semuanya ini dimaksudkan untuk mempromosikan pariwisata Sulawesi Utara, meningkatkan perekonomian Sulawesi Utara, menciptakan iklim investasi yang aman, pemberdayaan masyarakat, meningkatkan citra pariwisata Sulawesi Utara," jelas Silangen.

Selain itu, kata dia, ketiga event tersebut bertujuan untuk menciptakan wahana interaksi, selain antara penjual dan pembeli, juga antar pelaku usaha, guna menjalin komunikasi bisnis dan memperluas jaringan pemasaran, serta meningkatkan kunjungan wisatawan di Provinsi Sulawesi Utara.

Menpar Arief Yahya pun mengapresiasi dan memuji peningkatan dan perkembangan wisata di Sulut. "Creative, commercial, communication, commitment dan consistent merupakan poin penting suksesnya sebuah event. Prestasi Sulut selalu menjadi contoh di manapun bagi saya. Kenaikan wisatawan asing sejak 2015 yaitu dari 20 ribu menjadi 120 ribu kunjungan. Sedangkan wisatawan nusantara mencapai 2 juta," ungkap Arief.

Arief berharap peningkatan jumlah wisatawan ini bisa meningkatkan perekonomian di kawasan wisata. Menpar ingin unsur 3A (atraksi, amenitas, dan aksebilitas) ditingkatkan dan memadai untuk kelas dunia. "Kita selalu berharap dengan semakin berkembang dan meningkatnya kunjungan ekonomi kita juga meningkat. Kita mau menjadikan Sulawesi Utara sebagai kawasan pariwisata di wilayah timur. Tentu unsur 3A nya harus semakin ditingkatkan," tambahnya.

Sementara itu, Festival Pesona Bunaken akan berlangsung di Manado pada 26-29 Juli mendatang. Festival ini merupakan bentuk upaya melestarikan sumber daya alam bawah laut dan seni budaya di Pulau Bunaken. Sehingga, dapat memberikan jaminan keberlangsungan pariwisata setempat serta meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Pulau Bunaken seluas 8,08 kmĀ² di Teluk Manado merupakan bagian dari kota administratif Manado.

Kemudian, Tomohon International Flower Festival pada 7-12 Agustus 2019. Event tahunan ini menampilkan kendaraan hias yang didekorasi menggunakan bunga khas Kota Tomohon dan daerah lainnya dalam berbagai bentuk dan variasi sesuai karakteristik masing-masing peserta. Kendaraan hias tersebut dinilai oleh tim pakar independen yang memiliki kompetisi di bidang florikultura.

Selanjutnya, Festival Pesona Selat Lembeh yang akan berlangsung di Satkamla, Kecamatan Aertembaga Kota Bitung pada 6-10 Oktober 2019. Acara festival budaya ini dimeriahkan dengan sailing pass, lomba kapal hias, festival kuliner, pentas seni dan budaya, colar plantation, 10 K, dan thanksgiving. Tujuan dari penyelenggaraan Festival Pesona Selat Lembeh ini untuk mempromosikan potensi Kota Bitung umumnya dan Selat Lembeh khususnya.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak