Album Soundtrack Dilan Tapaki Jejak Sukses Filmnya

Kamis, 25 April 2019 - 18:54 WIB
Album Soundtrack Dilan Tapaki Jejak Sukses Filmnya
Album Soundtrack Dilan Tapaki Jejak Sukses Filmnya
A A A
JAKARTA - Album original soundtrack (OST) Dilan 1990-1991 menapaki sukses filmnya. Setelah film Dilan 1991 sukses meraup 5 juta penonton, kini lagu-lagu kisah asmara Dilan dan Milea, yang diisi sederet penyanyi muda berbakat, berhasil meraih triple platinum.

Menjadi pengiring dalam sejumlah adegan di film Dilan, lagu-lagu OST Dilan sedikit banyak memberikan andil dalam kesuksesan film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla tersebut. Bahkan, kabarnya film Dilan 1991 sempat dilirik produser film Hollywood.

Pidi Baiq dan The Panas Dalam Band bersama sejumlah penyanyi muda, seperti Hanin Dhiya, Rahmannua Astrini, Christi Colondam, Ghaitsa Kenang, Ajeng & Nawa serta pemeran Milea, Vanesha Prescilla turut terlibat dalam penggarapan album OST Dilan yang dirilis pada 15 Maret lalu.

Sejak diluncurkan, album tersebut mampu menggondol sejumlah penghargaan dan triple platinum award. Plakat penghargaan itu pun diserahkan kepada beberapa penyanyi di dalam album ini pada 24 April di KFC Cideng, Jakarta Pusat.

Bagi label yang menaungi album OST Dilan, Warner Music, hal tersebut merupakan pencapaian besar, terlebih untuk penjualan fisik sebuah album untuk era saat ini. Di sini, para penonton ternyata tak hanya menyambut baik filmnya, namun juga lagu-lagu dalam soundtrack Dilan 1990-1991.

"Ini suatu hal yang luar biasa apalagi tren sebuah album sangat jarang sekali. The Panas Dalam band dan beberapa artis menggagas konsep sebuah album dan mendapat sambutan yang luar biasa serta penghargaan," kata Managing Director Warner Music Indonesia, Toto Widjojo kepada SINDO saat di KFC Cideng, kemarin (24/4).

Toto Widjojo mengatakan, dia meminta izin kepada Pidi Baiq, pemilik kisah Dilan untuk menggabungkan lagu-lagu tersebut menjadi sebuah album. "Film perdananya (Dilan) 1990 sangat sukses. Sehingga saya bicara ke Ayah Pidi untuk membuat album. Jadilah album '1990 dan 1991', yang dari novel pertama dan kedua. Kita coba kemas album ini easy listening dan mudah didengarkan. Lagu pertama sampai terakhir, enggak kerasa dan proses penggarapan terbilang cepat selesainya sekitar enam bulan," jelas Toto.

Sementara itu, Asosiasi Rekaman Indonesia (Asiri) menyatakan bahwa kesuksesan penjualan album OST Dilan 1990-1991 merupakan hal luar biasa untuk industri musik saat ini. "Seperti kata pak Toto sekarang susah banget untuk menjual album, dan album Dilan ini sangat luar biasa. Saya ucapkan selamat dan semoga sukses," ujar perwakilan dari Asiri, Nico seusai menyerahkan plakat.

Bukan hanya memperoleh penghargaan platinum, album Dilan 1990-1991 menjadi No.1 di Apple Music Chart, YouTube Trending di posisi #5, Top 50 Indonesia Spotify Chart dan Top 30 Top 100 Joox Chart. Single "Dulu Kita Masih Remaja" menjadi nominasi Soundtrack Asli Terbaik di ajang Indonesia Box Office Movie Awards 2019, dan nominasi OST Film Terdahsyat di ajang Dahsyatnya Awards 2019.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4892 seconds (0.1#10.140)