alexametrics

Bakpia Kukus, Kuliner Yogya yang Lagi Hit

loading...
Bakpia Kukus, Kuliner Yogya yang Lagi Hit
Bakpia Kukus Tugu Jogja tengah lagi tren. Makanan ringan ini disukai wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Foto/SINDOnews/Suharjono.
A+ A-
YOGYAKARTA - Yogyakarta dikenal sebagai kota pendidikan, budaya. Tak hanya itu, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota kuliner. Aneka makanan disuguhkan di kota yang diidentikan sebagai kota penuh romantisme ini.

Bakpia menjadi salah satu makanan khas di Yogyakarta. Namun, kini ada bakpia yang tengah populer, yakni Bakpia Kukus. Sejak dikenalkan pada pertengahan 2017, Bakpia Kukus terus diburu wisatawan. Herannya, saat itu banyak warga Yogyakarta yang belum mengetahui kudapan yang satu ini dan justru dikenal lebih dulu oleh para turis.

"Saya kaget ditanya Bakpia Kukus oleh teman saya di Jakarta, padahal saya belum tahu," kata Solihul salah satu warga Krapyak, Yogyakarta.



Kendati digandrungi, outlet Bakpia Kukus masih terbatas. Ada 6 tempat di bawah naungan Tugu Jogja. General Manager Group Sales and Marketing Bakpia Kukus Tugu Jogja,Yudi Permadi mengatakan Bakpia Ksaat telah menjadi ikon baru kuliner khas Yogyakarta.

Dengan tekstur dan rasa yang berbeda dari bakpia pada umumnya, bakpia kukus benar-benar bisa diterima masyarakat Indonesia. (Baca juga: Yuk, Coba Sensasi Cumi Pete Pedas untuk Santap Siang Ini).

"Jadi ini berbeda kalau Bakpia biasanya dipanggang atau oven, ini dikukus, cita rasa juga berbeda itulah yang menjadikan bakpia kukus disukai masyarakat," kata Yudi di sela sela pembukaan outlet keenam Bakpia Kukus di Jalan Solo, KM9 Yogyakarta.

Bakpia Kukus disukai semua kalangan karena sensasi rasanya. Berbagai rasa hadir, seperti Original Keju, Original Kacang Hijau, Original Kacang Merah, Original Cokelat, Brownies Cokelat dan Brownies Keju. Apalagi pengunjung juga bisa melihat proses pembuatan bakpia kukus yang ada di bagian belakang outlet.

Ide pembuatan bakpia ini diawali keinginan pemilik usaha, Anggara Jati membuat produk bakpia. Namun, tidak seperti produk yang sudah ada selama ini. “Intinya kita tetap harus menjaga produk khas Yogyakarta. Namanya tetap bakpia hanya cara membuatnya bukan dibakar atau panggang, tetapi dikukus dengan isi berbeda-beda,” ungkapnya.

Bakpia Kukus ini awet tujuh hari. Jika disimpan di lemari es bisa bertahan lebih lama, yakni dua minggu. Hampir setiap hari, ribuan produk Bakpia Kukus Tugu Jogja terjual dari setiap took yang ada.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak