alexametrics

Karen Gillan, Aktris Asal Skotlandia Melambung di Hollywood

loading...
Karen Gillan, Aktris Asal Skotlandia Melambung di Hollywood
Karen Gillan, Aktris Asal Skotlandia Melambung di Hollywood
A+ A-
KAREN GILLAN adalah aktris berbakat asal Skotlandia yang namanya tengah melambung di Hollywood. Meski pernah menjadi model, kini Gillan fokus berkarier sebagai seorang aktris. Perempuan bernama lengkap Karen Sheila Gillan ini lahir pada 28 November 1987 di Inverness, Skotlandia.

Dia adalah anak satu-satunya dari Marie Paterson dan John Gillan. Ayahnya adalah seorang penyanyi dan aktor rekaman. Bakat seni yang ada pada ayahnya inilah yang menurun kepadanya. “Saya belajar bermain piano ketika berusia 7 tahun dan menyukai akting pada usia muda,” ujar Gillan, dilansir people.com. Gillan akhirnya memutuskan bergabung dengan beberapa kelompok teater remaja setempat.

Dia kemudian mengambil bagian dalam berbagai produksi di Charleston Academy. Ketika berumur 16 tahun, Gillan pindah ke Edinburgh dan menyelesaikan kursus di HNC Acting and Performance di Telford College.



“Saya pindah ke London pada usia 18 tahun untuk belajar di sekolah drama Italia Conti Academy of Theatre Arts. Di sekolah ini saya memperoleh gelar Bachelor of Arts dalam berakting,” ujar Gillan. Selama belajar di Italia Conti, Gillan juga dibina agen mode.

Dia pernah menjadi model di pesta peluncuran Dainty Doll Make-Up Range buatan Nicola Roberts. Perempuan berambut merah ini mengatakan, dia tidak akan melepaskan karier aktingnya untuk kembali ke model. “Saya menikmati permodelan, tetapi berakting selalu menjadi minat utama dan tujuan saya,” ujar Gillan. Awal karier akting Gillan termasuk bintang tamu di beberapa serial drama televisi.

Peran pertamanya yakni di sebuah episode Rebus. Gillan kemudian bertugas selama dua tahun sebagai anggota pemain ensambel dari serial komedi sketsa, The Kevin Bishop Show, di mana dia memainkan beberapa karakter, termasuk selebritas seperti Katy Perry dan Angelina Jolie.

Dia muncul di FTV Channel 4 Stacked berperan sebagai Ginny. Gillan juga muncul di serial televisi sebagai pemeran utama dalam proyek horor berjudul The Well, yang disiarkan sebagai serangkaian film pendek episodik di BBC Two dan sebagai seri web di bbc.co.uk. “Ini merupakan bagian dari program switch multimedia BBC, episode pendek yang terinterkoneksi dengan gim online yang lebih mengeksplorasi lingkungan disajikan dalam seri,” ujar Gillan.

Nama Karen Gillan mulai populer saat menjadi Amy Pond pada serial televisi Inggris, Doctor Who, pada Mei 2009. Dia membuat penampilan pertama di layar sebagai Amy Pond dalam The Eleventh Hour. Dia tampil dalam seri ke-6 pada 2011 dan lima episode pertama seri ke-7 pada 2012. Dia mengulang peran dalam penampilan kameo pada edisi khusus Natal 2013, The Time of the Docto.

Gillan muncul di Doctor Who sekali sebelum dalam seri ke-4 episode The Fires of Pompeii dalam peran sebagai Soothsayer. Dari serial televisi tersebut, Karen Gillan sukses mendapatkan beberapa penghargaan aktris terbaik. Dia memperoleh penghargaan dari SFX Awards, National Television Awards, dan TV Choice Awards. Sukses di Doctor Who, Gillan mulai merambah serial televisi Amerika Serikat.

Dia pernah memerankan seorang sosialita bernama Eliza Dooley. Serial televisi ini berkisah tentang Eliza Doolittle yang terobsesi dengan media sosial. “Ini adalah pertama kalinya saya berperan sebagai pemeran utama serial televisi Amerika,” ujar Gillan. Film besar yang membuat namanya melambung adalah Guardians of the Galaxy. Dari karakter Nebula, Gillan mulai menapaki karier sebagai aktris layar lebar kelas atas.

Pada 2015, Gillan menjadi pemeran Evie dalam film The Big Short. Kemudian pada 2017, ada dua film besar yang dimainkannya, yakni Guardian of the Galaxy Vol 2, di mana Gillan mendapatkan peran yang lebih banyak daripada film sebelumnya, dan terakhir sebagai Ruby Roundhouse di film Jumanji: Welcome to the Jungle.

Selain pandai berakting, Gillan juga pandai menjadi sutradara. Dia menulis dan menyutradarai film pendek pertamanya, Coward, yang diputar di Edinburgh Film Festival 2015. “Belum lama ini saya menulis, menyutradarai, dan membintangi film pendek lain berjudul Conventional,” ujarnya.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak