Mencecap Wine Talamonti, Wine Terbaik dari Kebun Anggur Abruzzo

Sabtu, 27 April 2019 - 00:30 WIB
Mencecap Wine Talamonti, Wine Terbaik dari Kebun Anggur Abruzzo
Mencecap Wine Talamonti, Wine Terbaik dari Kebun Anggur Abruzzo
A A A
MALANG - Malam baru saja beranjak, saat iringan musik romantis berpadu dengan harum melati mengisi sudut-sudut Ban Lam Wine Shop and Bar, Hotel Tugu Malang. Di tengah selimut kabut malam Kota Malang, telah tersaji Talamonti Rose Montepulciano, bersama Tramezzini (Venetian Panini dengan berbagai topping dari keju, tuna, telur dan sayuran).

Wine merah merona menjadi sajian pembuka nan menggoda dalam jamuan malam yang disajikan Hotel Tugu Malang bersama dengan Talamonti Wine. Jamuan malam yang hangat dan penuh keakraban, bertemakan An Evening at Talamonti Vineyard in Abruzzo.

Saat cecapan pertama hadir di ujung bibir, wine merah dari kebun anggur terbaik di Abruzzo, Italia tersebut, menghadirkan sensasi hangat dan manis yang menyatu dengan setiap tapas Tramezzini. "Rasanya sangat ringan, dan hangat. Wine merah itu juga menghadirkan sensasi rasa manis yang menggoda," ujar Aditya, 30, salah seorang tamu yang hadir dijamuan malam tersebut.

Sensasi manis wine merah itu, ternyata masih berlanjut dengan kejutan di menu kedua, yakni Talamonti Moda Montepulciano Colline Pescaresi IGT, dipadu dengan Polpette (Meat Croquettes), dan Fritto Misto (Fried Squid, Small Fish, and Shrimp). Wine kedua yang disajikan, warnanya lebih merah pekat dan rasanya lebih kuat.

"Ada sedikit rasa karamel vanila di wine kedua ini," kata Salvatore Campione, seorang sommelier atau ahli wine dari Roma, Italia.

Pria yang memiliki akar keluarga Salvatore berasal dari Sisilia tersebut, menjelaskan, wine merah yang pertama disajikan, dibuat dengan menggunakan sari anggur merah tanpa kulit. Sementara, untuk wine kedua yang warnanya jauh lebih pekat,dibuat dengan buah anggur merah yang tidak dikupas kulitnya. Kulit anggur tersebut, menghadirkan berbagai macam warna pada wine.

Saat malam semakin larut, sajian jamuan malam itu terus menghadirkan sensasi wine Talamonti yang kaya rasa dan warna. Yakni, Talamonti Trebi Trebbiano d'Abruzzo, dipadu dengan Cozze al Pomodoro (Stuffed Mussels), dan Frittatine di Pasta (Beef Ham & Smoked Mozzarella Fritters).

Talamonti Trebi Trebbiano d'Abruzzo memiliki warna sangat jernih, dan menghadirkan aroma wangi bunga. "Wine ini dibuat dengan anggur jenis trebbiano, atau angguh putih," ujar Salvatore.

Dia menyebutkan, buah anggur putih ini biasa dibuat untuk campuran pembuatan cognac, tetapi juga sering dicampur untuk menghasilkan wine dengan warna jernih. Kebun anggur Abruzzo, merupakan sentra penghasil trebbiano terbaik.

Pada puncak malam, sensasi luar biasa dihadirkan dalam jamuan malam tersebut, dengan menghadirkan Talamonti Tre Saggi Montepulciano d'Abruzzo, dipadu dengan Fondi di Carciofi (Beef Bacon-Wrapped Aubergines), dan Gamberi al Rosmarino (Shrimp with Rosemary).

Talamonti Tre Saggi Montepulciano d'Abruzzo, merupakan wine premium yang disajikan pada jamuan malam ini. Kalau ketiga jenis wine sebelumnya diproduksi tahun 2017, wine terakhir di jamuan malam tersebut, merupakan produksi tahun 2015.

Warna Talamonti Tre Saggi Montepulciano d'Abruzzo, lebih cenderung ungu pekat. Rasanya lebih kuat bila dibandingkan dengan tiga wine sebelumnya. "Proses produksinya, kami gunakan barrel atau kemasan dari kayu Amerika," kata dia.

Diam mengatakan, saat proses membuat wine menggunakan barrel, kayu yang digunakan memiliki pengaruh pada rasa wine yang dihasilkan. Kayu dari Amerika memiliki rasa yang berbeda bila dibandingkan dengan kayu Prancis.

"Pada wine yang disajikan terakhir ini, rasanya lebih kuat. Ada sensasi rasa kopi, jamur, dan kayu. Barrel atau kemasan yang digunakan saat produksi juga lebih kecil," tuturnya.

Perwakilan Hotel Tugu Malang, Richard menyebutkan, pada bulan April ini Hotel Tugu Malang bekerja sama dengan Talamonti Wine menjadi tuan rumah dalam mengetengahkan pengalaman wine pairing. "Acara wine pairing, bertemakan An Evening at Talamonti Vineyard in Abruzzo ini, terinspirasi dari suasana malam hari di perkebunan anggur Abruzzo, Italia. Dihadirkan di tengah Kota Malang, yang penuh kehangatan dan keramahannya," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7482 seconds (0.1#10.140)