Alat Kontrasepsi Ini Bisa Mencegah Kehamilan dalam Setahun Penuh

Selasa, 30 April 2019 - 12:30 WIB
Alat Kontrasepsi Ini Bisa Mencegah Kehamilan dalam Setahun Penuh
Alat Kontrasepsi Ini Bisa Mencegah Kehamilan dalam Setahun Penuh
A A A
JAKARTA - Para peneliti telah mengembangkan annovera, sebuah cincin vagina kontrasepsi yang sangat efektif. Di mana kontrasepsi ini memiliki sistem yang disisipkan sendiri dan dapat digunakan selama satu tahun penuh. Cincin itu tetap di tempatnya selama 21 hari dan dilepas dalam 7 hari dalam setiap siklus. Ini memberikan kemanjuran kontrasepsi hingga 13 siklus (1 tahun) penggunaan.

Dilansir dari Times Now News, kontrasepsi ini dirancang untuk melepaskan 150 mcg segesteron asetat atau obat yang digunakan untuk pengendalian kelahiran dan 13 mcg etinil estradiol yaitu obat yang digunakan untuk mencegah kehamilan dengan memiliki tingkat kegagalan, 2,98.

"Tingkat ini berarti bahwa hanya sekitar tiga kehamilan yang tidak diinginkan terjadi per 100 wanita dalam satu tahun dibandingkan dengan Indeks Mutiara 80 pada pasangan yang tidak menggunakan metode kontrasepsi," kata David F. Archer, MD.

Segesteron asetat adalah progestin baru yang secara spesifik berikatan dengan reseptor progesteron. Tidak seperti produk kontrasepsi hormon kombinasi lainnya, obat ini tidak mengikat globulin pengikat hormon seks dan tidak memiliki aktivitas estrogenik atau androgenik.

"Kami ingin membuktikan apakah segesteron dalam kombinasi dengan dosis rendah etinil estradiol dalam sistem vagina yang unik ini cukup untuk menghambat ovulasi dan kehamilan serta memberikan kontrol siklus yang baik," lanjut Archer.

Para peneliti meninjau data dari uji klinis penemuan dosis sebelumnya yang mengukur berapa lama segesteron bertahan dalam aliran darah wanita dan pada level apa. Serum segesteron asetat menghambat ovulasi pada percobaan awal. Kadar darah segesteron asetat menurun hanya sedikit selama enam bulan penggunaan dalam uji klinis sebelumnya dengan cincin progestin saja, dan ketika etinil estradiol ditambahkan ke cincin, kadar darah segesteron asetat tidak berubah.

"Pelepasan segesteron asetat dalam cincin vagina saat ini secara efektif menghambat ovulasi, menghasilkan tingkat kemanjuran kontrasepsi yang tinggi untuk kontrasepsi yang dapat bekerja lama dan dapat dibalik ini," ujar Archer.

Dia menambahkan bahwa tingkat keberhasilan cincin vagina mencapai 97%. Jumlah ini sebanding dengan metode pengendalian kelahiran paling efektif yang sudah ada di pasaran, yang setidaknya 95% efektif.

"Annovera mewakili metode kontrasepsi baru yang bebas prosedur dan dapat memberikan manfaat kontrasepsi hingga satu tahun," tutur Archer.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6727 seconds (0.1#10.140)