12 Kota Terdingin di Dunia, Suhu Terendahnya Tembus hingga -71 Derajat Celsius

Sabtu, 22 Juni 2024 - 08:00 WIB
loading...
12 Kota Terdingin di Dunia, Suhu Terendahnya Tembus hingga -71 Derajat Celsius
Kota terdingin di dunia mempunyai suhu yang sangat rendah. Tak tanggung-tanggung, suhu di kota ini hingga -64 derajat celsius meski bisa berubah tahun ke tahun. Foto/BBC Science Focus
A A A
JAKARTA - Kota terdingin di dunia mempunyai suhu yang sangat rendah. Tak tanggung-tanggung, suhu di kota ini bisa mencapai hingga -64 derajat celsius meski bisa berubah dari tahun ke tahun.

Kota terdingin tersebut dikenal dengan kondisi cuaca yang ekstrem dan suhu yang sangat rendah, terutama selama musim dingin. Faktor-faktor seperti lokasi geografis, ketinggian, dan kedekatan dengan Kutub Utara atau Selatan memainkan peran penting dalam menentukan suhu rata-rata.

Bagi penduduk lokal, beradaptasi dengan cuaca ekstrem adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Sementara bagi wisatawan, mengunjungi kota-kota terdingin di dunia ini bisa menjadi pengalaman yang unik dan menantang.

Berikut adalah 12 kota terdingin di dunia seperti dilansir Stars Insider, Sabtu (22/6/2024).

12 Kota Terdingin di Dunia





1. Yakutsk, Rusia


Yakutsk sering disebut sebagai kota terdingin di dunia. Terletak di Siberia, suhu di kota ini bisa mencapai titik ekstrem. Pada bulan Januari, suhu rata-rata bisa turun hingga -42.9 derajat celsius. Bahkan, suhu terendah yang pernah tercatat di sini adalah -71.2 derajat celsius pada 1924.

2. Norilsk, Rusia


Norilsk, juga di Siberia, terkenal dengan musim dingin yang sangat panjang dan keras. Suhu rata-rata di bulan Januari berkisar antara -30 derajat celsius hingga -35 derajat celsius. Kota ini juga mengalami malam kutub, di mana matahari tidak terbit selama 45 hari di musim dingin.

3. Yellowknife, Kanada


Sebagai ibu kota Wilayah Barat Laut Kanada, Yellowknife memiliki suhu musim dingin yang bisa mencapai -30 derajat celsisus hingga -35 derajat celsius. Kota ini juga dikenal dengan angin dingin yang membuat suhu terasa lebih ekstrem.

4. Barrow (Utqiaġvik), Alaska, Amerika Serikat


Barrow adalah kota paling utara di Amerika Serikat. Suhu rata-rata di bulan Januari adalah sekitar -25 derajat celsius. Barrow juga mengalami malam kutub, di mana matahari tidak muncul selama 65 hari.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2038 seconds (0.1#10.140)
pixels