Tony Stark Bakal Tampil di Spider-Man: Far From Home?

Rabu, 08 Mei 2019 - 19:30 WIB
Tony Stark Bakal Tampil di Spider-Man: Far From Home?
Tony Stark Bakal Tampil di Spider-Man: Far From Home?
A A A
Trailer terbaru Spider-Man: Far From Home memperlihatkan betapa dekatnya film ini dengan Avengers: Endgame. Film ini juga memperlihatkan bagaimana Tony Stark (Robert Downey Jr.) bisa kembali ke Marvel Cinematic Universe (MCU). Di Spider-Man: Far From Home, Peter Parker (Tom Holland) masih mengatasi rasa duka citanya atas kepergian Tony.

Iron Man adalah sosok yang sangat berpengaruh bagi masuknya Peter ke MCU. Meskipun Peter kali pertama diperkenalkan ke MCU di Captain America: Civil War, tapi Tony-lah yang membawa Spider-Man ke dunia tersebut. Mereka kemudian mengembangkan hubungan dekat dalam waktu cepat dan Marvel telah melakukan apa pun untuk kian mendekatkan keduanya. Peter kali pertama bertemu Tony ketika dia masih kecil. Setelah itu, Tony muncul di Spider-Man: Homecoming untuk menunjukkan cara bagaimana menjadi seorang pahlawan. Ikatan emosi mereka menjadi salah satu yang terbesar di Avengers: Infinity War. Inilah mengapa kematian Tony membuat Peter sangat terpukul sehingga dia masuk ke titik di mana dia siap menanggalkan kostum pahlawannya dan berusaha menikmati hidup.

Namun, trailer Spider-Man: Far From Home berkata lain. Peter direkrut Nick Fury dan diberi kostum baru untuk bergabung dengan Mysterio dan berusaha melawan Elemental saat sedang berlibur ke Eropa. Dikutip dari Screen Rant, Peter jelas masih berduka cita atas kematian Iron Man, tapi dunia di sekitarnya menekan dia untuk mengisi lubang dan menjadi “Iron Man baru”. Di salah satu momen di trailer itu memperlihatkan Peter mungkin melakukan perbandingan dengan Tony dengan sangat harafiah yang mungkin menjadi petunjuk tentang masa depan Iron Man di MCU.

Peter Parker punya kacamata Tony Stark

Campuran unik antara sains dan fashion Tony membuat kacamatanya bisa menjadi bergaya dan berfungsi. Di Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame, dia terlihat memakai kacamata yang dilengkapi teknologi Stark. Dia bisa memindai objek yang dia lihat dan dia bahkan berbicara dengan artificial intelligence barunya, FRIDAY.

Di salah satu adegan di trailer Spider-Man: Far From Home, Peter terlihat mengenakan kacamata itu. Ini mungkin adalah isyarat visual, salah satu untuk menggarisbawahi sisi Iron Man baru di film ini. Namun, mungkin saja kalau kacamata itu berasal dari Stark Industries atau Happy Hogan. Kalau memang seperti itu, maka itu lebih dari sekadar kacamata biasa. Kacamata itu bisa menjadi jalan kembalinya Tony.

Tony sudah muncul sebagai hologram di Avengers: Endgame

Ide kembalinya Tony di Spider-Man: Far From Home bukanlah sebuah lompatan besar berkat apa yang terjadi di akhir Avengers: Endgame. Ini bukan tentang versi Tony dari realitas lain, tapi tentang pesan pascakematian Tony yang dia tinggalkan untuk keluarga dan teman-temannya. Pesan itu diputar di pemakamannya. Pidato itu biasanya berisi pesan pamitan karakternya, tapi siapa bilang itu hanya rekaman?

Kacamata Iron Man yang dipakai Peter di trailer itu bisa diberikan kepadanya oleh Happy Hogan, Nick Fury atau Pepper Potts setelah mungkin ada pesan lain yang direkaman khusus untuk Peter. Duo itu kembali bertemu di Avengers: Endgame, tapi mempertimbangkan betapa besarnya peran Tony dalam hidup Peter, meninggalkan pesan untuknya sejalan dengan apa yang pernah dilakukan Tony di masa lalu. Apalagi, satu hal yang pernah dikatakan Tony ketika dia kembali ke Bumi adalah dia ‘kehilangan anak itu’ yang merupakan rujukan kepada Peter dan setelah melihat sebuah foto dirinya dan Peter bersama ketika sedang mengerjakan perjalanan menembus waktu. Di trailer Far From Home, Happy bahkan mengatakan, Tony tidak akan menyelamatkan dunia jika dia tidak tahu kalau Peter akan ada untuk melindunginya. Pesan potensial dari Tony adalah dia mengatakan kepada Peter semuanya akan berjalan dan memberikan twist baru dari ucapan ‘Dengan kekuatan besar, muncul tanggung jawab besar’. Bukan hanya itu, tapi ini bisa membuka pintu bagi pesan lain Iron Man di film masa depan MCU.

Robert Downey Jr. jadi Jarvis-nya Spider-Man?
Selain memberikan pesan untuk Peter, bisa jadi kacamata itu menampilkan versi AI Tony. Ide ini muncul langsung dari komik. Beberapa tahun lalu, Tony koma di cerita Civil War II, yang membuat Riri Williams menjadi Ironheart dengan AI Tony Stark sebagai pemandunya. Sebelumnya, Riri mendapatkan perhatian dari Tony dan mendapatkan paket yang membuatnya bisa menemukan Tony versi AI. Versi ini membuat Tony membantu Riri membangun kostum bersenjata Ironheart keduanya dan menjadi mirip Jarvis yang berinteraksi dengannya.

Saat ini, Riri belum menjadi bagian MCU, tapi Tony sudah punya koneksi yang sama dengan Peter. Di Homecoming, Tony sudah membuat AI untuk Spider-Man yang disebut Peter sebagai Karen. Sementara Karen hadir dengan tujuan menjadi suara yang membantu Peter ketika dibutuhkan, Tony versi AI akan lebih menyenangkan. Ini akan membuat Marvel Studios terus menggunakan Robert dalam cara kecil kalau dibutuhkan, di mana hanya suaranya yang dipakai, sementara masih memberikan Peter kesempatan untuk ngobrol dengan mendiang mentornya itu.

Namun, jika kehadiran Robert yang lebih besar memang dibutuhkan, maka Peter dan AI Tony bisa mencari cara untuk membuat bentuk holografisnya untuk hidup. Kombinasi teknologi BARF, wawancara video dan rekaman pesan Tony bisa digunakan sebagai kerangka rujukan AI Tony untuk meniru Tony asli. Lebih penting lagi, kalau AI dibuat dari alam bawah sadar Tony, maka semua pengalaman dan memori bersama mereka akan melampaui dari apa yang dimiliki Peter dengan Karen. Tony punya kaitan kepada Jarvis jadi akan pas melihat ini dan bagi Tony untuk mencari cara membantu Peter di Spider-Man: Far From Home dan selanjutnya.

(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5779 seconds (0.1#10.140)