Himahi Universitas Budi Luhur Gelar ASEAN+ Youth Environmental Action 2024: Aksi Nyata Pemuda untuk Bumi

Selasa, 25 Juni 2024 - 16:10 WIB
loading...
Himahi Universitas Budi...
Kika: Brigita Novensa Tomigolung (Ketua Himahi Universitas Budi Luhur), Dr. Yusran, M.Si (Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Studi Global Universitas Budi Luhur), dan Dr. Ir. Arief Wibowo, M.Kom (Deputi Rektor Bidang Akademik), saat memberi keterangan pers.
A A A
JAKARTA - Sebagai bagian dari komitmen melibatkan pemuda dalam upaya perlindungan lingkungan dan mitigasi perubahan iklim, Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (Himahi) Universitas Budi Luhur dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan ASEAN+ Youth Environmental Action (AYEA) 2024.

Acara internasional ini akan berlangsung sejak 27 Juni hingga 30 Juni 2024, mengundang 70 pemuda dari 29 negara ASEAN dan negara-negara sahabat serta ratusan pemuda Indonesia dari berbagai kalangan siswa dan mahasiswa.

Mengangkat tema 'Heat Up the Plans, Cool the Earth: Collaborative Southeast Asian Youths Action for Climate Change Mitigation', AYEA 2024 dirancang dengan berbagai rangkaian kegiatan menarik selama empat hari.

Kegiatan-kegiatan tersebut mencakup Environmental Dialogue, FGD & Pleno, Lomba dan Diskusi Fotografi Lingkungan, Debate Competition, Lomba Mewarnai & Melukis, Lomba Kreasi Kuliner Ampas Kedelai, Climate Music Festival, Environmental Campaign, Stand Exhibition, puncak acara akan diisi dengan Awarding Night yang meriah, dan akan di tutup dengan aksi penanaman 6000 Pohon sebagai bentuk aksi nyata mitigasi lingkungan yang akan dilakukan di Baduy Luar yang merupakan masyarakat di bumi Indonesia yang memiliki cinta besar terhadap kesuburan tanah Indonesia.

AYEA 2024 juga akan menghadirkan aktivis lingkungan muda ternama Aeshnina Azzahra serta influencer Mischka dan Devon. Fotografer profesional Don Hasman dan Arbain Rambey turut berpartisipasi, bersama dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang akan menyampaikan keynote speech pada sesi Environmental Dialogue.

Dari kegiatan ini, akan lahir 'Budi Luhur Declaration' dan 'Policy Brief' yang akan disebarluaskan ke media untuk mendapatkan perhatian masyarakat luas. Universitas Budi Luhur, sebagai perguruan tinggi yang selalu mengedepankan nilai kebudiluhuran, mendukung penuh acara ini sebagai wujud nyata implementasi kebaikan tidak hanya antar sesama manusia, namun juga terhadap lingkungan.

AYEA 2024 juga mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Pegadaian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Luar Negeri, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Tamron, Synergy Policies, HaloFoto, dan Xozo.

"Kami berharap AYEA 2024 ini akan menjadi kegiatan tahunan sebagai bentuk komitmen pemuda ASEAN dan Universitas Budi Luhur dalam menjaga dan melestarikan lingkungan," ujar Regita sebagai Ketua Himahi Universitas Budi Luhur.
Mari bersama-sama beraksi untuk bumi kita tercinta!
(ars)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)