Fakta Pulau Raijua, Destinasi Wisata Pantai Cantik yang Tersembunyi di NTT

Rabu, 26 Juni 2024 - 12:08 WIB
loading...
Fakta Pulau Raijua, Destinasi Wisata Pantai Cantik yang Tersembunyi di NTT
Di antara destinasi wisata populer yang unik dan indah di Nusa Tenggara Timur (NTT), terselip sebuah pulau yang tak kalah mempesona. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Sebagian besar masyarakat tentu sudah tak asing lagi dengan berbagai destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) seperti Danau Kelimutu, Pulau Komodo, Pulau Padar, atau Desa Wae Rebo. Di antara destinasi wisata populer yang unik dan indah tersebut, terselip sebuah pulau yang tak kalah mempesona.

Namanya Pulau Raijua yang terletak di sebelah barat daya Pulau Sawu. Secara administratif, pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Raijua, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pulau Sabu atau Rai Hawu adalah bagian Provinsi NTT, dan merupakan pulau terpencil dengan luas 460,78 km persegi. Penduduknya berjumlah sekitar 30.000 jiwa. Kehidupan warga di Sabu utamanya tergantung pada lahan pertanian kering, beternak, menangkap ikan, kerajinan, berdagang, serta membuat gula sabu dari nira lontar.



Meskipun tak sepopuler atraksi wisata lain di NTT, Pulau Sabu atau Pulau Raijua juga layak dikunjungi, terutama oleh Anda para pecinta petualangan. Mengunjungi pulau dengan pasirnya yang putih dan halus, sepanjang jalan Anda akan disuguhi pemandangan deburan ombak yang terus menggulung. Pulau ini bagaikan sebuah harta karun tersembunyi.

Belum terlalu banyak turis yang datang ke pulau satu ini, sehingga bagi Anda yang gemar mencari pemandangan pantai nan mempesona dan penuh ketenangan, Pulau Raijua merupakan tempat yang ideal untuk hal tersebut.

Salah satu spot wisata di Pulau Raijua adalah Pantai Madjala. Tak hanya menawarkan pantai pasir putihnya yang landai dan masih alami, tak jauh dari kawasan tersebut, wisatawan juga dapat menemukan bongkahan batuan cadas yang membuat formasi indah di tepi pantai.

Air lautnya berwarna biru dan tosca yang sangat bersih serta belum tercemar sama sekali.

Kondisi jalanan di pulau ini sebagian memang sudah beraspal, tetapi masih ditemukan jalanan bebatuan dan tanah di beberapa tempat yang letaknya tak jauh dari tepi pantai.



Jika Anda datang dari Jakarta, mungkin akan memakan waktu yang lumayan panjang untuk menuju pulau ini. Dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara El Tari di Kupang bakal memakan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Dari Bandara El Tari, Anda perlu naik pesawat kecil menuju Bandara Tardamu Sabu. Selanjutnya, wisatawan bisa langsung menyeberang dari pelabuhan Kota Seba menuju Pulau Raijua menggunakan perahu nelayan.

Di pulau ini transportasi umum sangat sulit ditemukan, bahkan hampir tidak tersedia. Sehingga wisatawan perlu memikirkan solusi untuk berkeliling pulau tersebut, salah satunya adalah menyewa kendaraan roda dua milik penduduk setempat.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5394 seconds (0.1#10.140)
pixels