3 Perbedaan Maid of Honor dan Bridesmaid pada Pernikahan

Rabu, 26 Juni 2024 - 13:37 WIB
loading...
3 Perbedaan Maid of...
Maid of Honor dan Bridesmaid merupakan dua posisi yang biasanya ada dalam suatu acara pernikahan. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Maid of Honor dan Bridesmaid merupakan dua posisi yang biasanya ada dalam suatu acara pernikahan. Meski sama-sama mendampingi mempelai wanita, terdapat beberapa perbedaan antara keduanya.

Istilah maid of honor dan bridesmaid kini kerap digunakan ketika ada acara pernikahan. Meski begitu, masih banyak orang yang asing dan belum mengetahui apa sebenarnya tujuan dari pemberian dua istilah itu.

Pada dasarnya Maid of Honor dan Bridesmaid adalah peran penting yang dimainkan oleh teman dekat atau anggota keluarga dari pengantin wanita. Berikut ini beberapa perbedaan antara keduanya.


Perbedaan Maid of Honor dan Bridesmaid

1. Posisi

Maid of Honor adalah peran yang biasanya diberikan kepada teman terdekat atau saudara perempuan pengantin wanita. Dia adalah pemimpin dari para bridesmaid dan memiliki tanggung jawab yang lebih besar.

Bridesmaid adalah anggota dari rombongan pengantin wanita yang biasanya terdiri dari teman-teman dekat atau anggota keluarga. Mereka membantu Maid of Honor dan pengantin wanita, tetapi dengan tanggung jawab yang lebih sedikit.

2. Tugas

Beberapa tugas Maid of Honor di antaranya :

- Membantu pengantin wanita dalam merencanakan pernikahan.
- Mengorganisir acara-acara seperti bridal shower dan bachelorette party.
- Membantu pengantin wanita pada hari pernikahan dengan segala kebutuhan.
- Memberikan pidato atau toasts pada resepsi pernikahan.
- Bertanggung jawab atas cincin pernikahan sampai saat upacara.



Sementara tugas Bridesmaid antara lain :

- Membantu dalam merencanakan dan menghadiri bridal shower dan bachelorette party.
- Membantu pengantin wanita dengan persiapan pada hari pernikahan.
- Berjalan dalam prosesi pernikahan dan berdiri di depan bersama pengantin wanita selama upacara.
- Membantu dengan tugas-tugas kecil selama acara pernikahan, seperti mengarahkan tamu.

3. Peran Pendukung

Maid of Honor kerap berdiri di sebelah pengantin wanita selama upacara dan sering kali menandatangani surat nikah sebagai saksi.

Sedangkan Bridesmaid biasanya berperan sebagai pendukung dan membantu memastikan semua kebutuhan pengantin wanita terpenuhi tanpa gangguan.

Perbedaan utama antara Maid of Honor dan Bridesmaid terletak pada tingkat tanggung jawab dan peran kepemimpinan. Maid of Honor memiliki peran yang lebih sentral dan tanggung jawab yang lebih besar dalam memastikan segala sesuatu berjalan lancar, baik sebelum maupun selama hari pernikahan.

Sementara itu, Bridesmaid berfungsi sebagai pendukung dan pembantu dalam berbagai aspek pernikahan, tetapi tidak memiliki tanggung jawab sebesar Maid of Honor.

Itulah perbedaan antara Maid of Honor dan Bridesmaid yang belakangan istilah keduanya kerap muncul dalam sejumlah pesta pernikahan.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)