alexametrics

Menu Berbahan Rempah Khas Indonesia untuk Ramadhan

loading...
Menu Berbahan Rempah Khas Indonesia untuk Ramadhan
Menu Berbahan Rempah Khas Indonesia untuk Ramadhan. (Koran SINDO. Dyah Ayu Pamela).
A+ A-
Sedang mencari inspirasi memasak untuk menu berbuka atau sahur? Kekayaan kuliner Indonesia lewat rempah-rempah khas yang hadir dalam sajian dari Aceh berikut bisa menjadi ide tambahan untuk memasak selama Ramadhan.

Kuliner Ramadhan dengan rempah khas Indonesia dimasak spesial dalam acara Lock & Lock Inspirasi Ramadan yang menghadirkan Santhi Serad, pendiri dan Ketua Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI). Santhi memasak sajian inspirasi untuk Ramadhan dengan mengusung menu Nusantara.

Salah satu menu yang menjadi highlight adalah bubur kanji rumbi. Bubur khas Aceh ini hanya disajikan hanya saat Ramadan. Menu ini merupakan resep warisan ratusan tahun lalu yang sudah dikenal masyarakat Aceh dan kaya akan rempah-rempah khas Indonesia.



“Hidangan kuliner kanji rumbi jika disantap pada saat buka puasa akan baik bagi kesehatan dan dapat menghangatkan perut,” ungkap Santhi sebelum demo memasak.

Menurut dia, bubur ini rasanya agak kompleks karena memakai rempah yang banyak sekali, tetapi komposisi bahan dari resepnya sudah disesuaikan. Hal yang perlu diperhatikan saat proses memasak bubur ini yaitu aduk selama 30-45 menit dengan api sedang atau menggunakan metode masak slow cooking.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur kanji rumbi di antaranya 2 sdm minyak samin, 6 siung bawang merah (iris tipis), 2 siung bawang putih (iris tipis), 250 gram udang (kupas cincang kasar), satu 1/2 gelas beras (cuci, rendam 1/2 jam), 1/2 ekor ayam kampung rebus dengan 3 liter air (air kaldu sisihkan, ayam dipotong dadu atau suwir), 6 biji kapulaga India, 3 cm batang kayu manis, 8 kuntum cengkeh, 1 buah bunga lawang, 1/2 buah pala, 1 lembar daun pandan ikat simpul, bawang goreng, 2 sendok makan minyak untuk menumis, daun kari secukupnya, garam dan merica secukupnya.

Sementara itu, untuk bumbu yang dihaluskan diperlukan 1/2 sendok teh adas manis, 1/2 sendok teh merica,1 buah biji pala, 1 sendok teh ketumbar (oseng sebentar), 8 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, dan 1 ruas ibu jari jahe. Cara membuatnya, pertama-tama masukkan bawang merah, bawang putih yang diiris, tumis dengan minyak hingga harum. Masukkan kapulaga, cengkeh, pala, kayu manis, bunga lawang sampai berubah kuning.

Lalu, tambahkan potongan ayam dan udang yang sebelumnya bisa direbus terlebih dahulu. Masukkan beras, tumis sampai harum, lalu tambahkan daun pandan dan bumbu yang telah dihaluskan.

Tambahkan air kaldu, masak sampai mengembang. Selanjutnya, masukkan minyak samin atau bisa diganti dengan margarin, aduk dan angkat jika sudah mengental, tapi sebaiknya jangan terlalu kental dan terlalu encer. Taburkan bawang goreng, nikmati bubur kanji rumbi dari Aceh selagi hangat untuk sajian berbuka puasa.

Bubur kanji rumbi selain bisa dinikmati sederhana, juga dapat ditambahkan makanan khas seperti martabak telur. Selain bubur kanji rumbi dari Aceh, sebagai sajian takjil untuk buka puasa, Santhi juga memberikan resep spesial setup jambu dari Jawa Timur.

Takjil Ramadhan ini sangat istimewa karena selain menyegarkan, kandungan vitamin dan mineral dari jambu biji dapat menyehatkan dan sangat pas untuk takjil Ramadhan. “Kayu manis, pandan, dan cengkeh merupakan rasa asli setup jambu merah ini,” ujarnya.

Santhi menambahkan, untuk memberi kombinasi rasa pada setup, bisa juga ditambahkan potongan buah nanas maupun salak sebagai buah yang akan memberi rasa asam. Untuk membuatnya, bahan yang diperlukan adalah potongan buah jambu biji, nanas, serta salak sesuai keinginan. Lalu, ada air gula yang direbus dengan menambahkan rempah kayu manis, pandan, cengkeh, dan masukkan buah-buahan yang sudah dipotong.

Rebus hingga mendidih, tambahkan batang kayu manis untuk penyajiannya. Karena perpaduan rempah di dalamnya, minuman buah ini sangat cocok dinikmati selagi hangat, bisa juga dinikmati dingin. (Dyah Ayu Pamela)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak