alexametrics

Rekreasi Bersama Satwa Laut di Ocean Park Hong Kong

loading...
Rekreasi Bersama Satwa Laut di Ocean Park Hong Kong
Rekreasi Bersama Satwa Laut di Ocean Park Hong Kong
A+ A-
JIKA mengunjungi Hong Kong, terdapat berbagai keseruan menikmati liburan bersama keluarga dan kerabat, salah satunya mengunjungi Ocean Park Hong Kong. KORAN SINDO berkesempatan mengunjungi Ocean Park Hong Kong yang merupakan taman hiburan tertua di Hong Kong karena berdiri sejak 10 Januari 1977.

Berlokasi di bukit kawasan Wong Chuk Hang dengan panorama laut yang memesona, Ocean Park memiliki luas lahan lebih dari 91,5 hektare. Saking luasnya, Ocean Park menyediakan dua fasilitas transportasi yang ikonik untuk pengunjung yang ingin mengunjungi area The Waterfront dan The Summit, yaitu melalui kereta gantung dan ocean express.

“Taman hiburan ini telah berkembang dan berdiri sebagai tempat atraksi berstandar dunia yang menghubungkan manusia dengan alam dan telah memperoleh pengakuan konsistensi atas pelestarian hewan, konservasi, dan penelitian, serta hubungannya dengan masyarakat,” ujar Public Affair Officer Ocean Park Hong Kong Cherry Lee saat berbincang dengan KORAN SINDO di Hong Kong beberapa hari lalu.



Sejauh ini Ocean Park telah menyedot lebih dari 140 juta wisatawan. Sejak dibuka pada 1977 sebagai organisasi nirlaba, taman hiburan ini terus berkembang untuk bisa bersaing dengan tempat wisata lain. Pengunjung yang hadir kebanyakan wisatawan domestik dan mancanegara dari berbagai usia.

Untuk masuk ke kawasan Ocean Park Hong Kong, para pengunjung rela mengantre ditemani semilir angin. Ketika gerimis mulai membasahi Ocean Park, para pelancong tetap antusias menikmati berbagai wahana yang terdapat di sana. Suasana ramai tampak di Ocean Park Express untuk mengantar ke tempat wahana permainan lain.

Kereta ini membawa penumpang melalui terowongan sejauh 1,3 km di antara dua lokasi utama Ocean Park hanya dalam waktu tiga menit. Semilir angin berembus kencang saat di atas bukit setelah keluar dari The Ocean Express. Dari ketinggian, terlihat pesona Ocean Park dan bangunan-bangunan pencakar langit dari kanan dan kiri.

Ocean Park Hong Kong menawarkan lebih dari 80 wahana seru. Bagi yang bernyali besar, sangat disarankan menjajal wahana Hair Raiser, yaitu roller coaster yang tidak berlantai dengan track berliku-liku. Roller coaster ini diklaim sebagai yang tercepat di Hong Kong. Wahana ini terdapat di area Mountain Thrill.

Ke-80 wahana permainan tersebut di antaranya atraksi lumba-lumba, singa laut, cable car atau kereta gantung, Grand Aquarium, Amazing Asian Animal, Ocean Theatre, Rain Forest, Shark Mystique, Bumper Blaster, Mini Train, Roal Coaster, Raging River, bianglala setinggi 24 meter, dan beragam wahana menegangkan lainnya. Selain itu, jangan lewatkan Ocean Park Tower.

Pengunjung dibawa melihat keindahan taman bermain dan wilayah sekitarnya secara 180 derajat dari atas. Jika ingin mengenal lebih jauh tentang lumbalumba, bisa mampir ke wahana Marine Mammal Breeding and Research Center. KORAN SINDO pun berkesempatan menyambangi Dolphin Encounter, pusat konservasi sekaligus atraksi hewan lumba-lumba di kawasan Ocean Park Hong Kong yang bertujuan mengedukasi para pengunjung untuk mengenal lumba-lumba lebih dekat.

Tingkahnya yang menggemaskan serta bersahabat membuat banyak orang yang menyukai mamalia air ini. Begitu tiba di Marine Life Ocean Park, KORAN SINDO langsung melihat papan informasi mengenai fakta tentang lumba-lumba. Tidak lama, kami diizinkan mengikuti program ini. Sebelum mengikuti Dolphin Encounter, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Misalnya, mengisi formulir kesehatan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah sedang dalam kondisi sehat atau tidak. Selain itu, pengunjung yang boleh mengikuti Dolphin Encounter adalah mereka yang sudah berusia 18 tahun. Mereka yang berusia 12 tahun harus didampingi orang tua dan tidak diperuntukkan bagi wanita hamil. KORAN SINDO juga harus mengenakan pakaian khusus sebelum dibawa menuju kolam yang penuh lumba-lumba tersebut.

Setelah semua persyaratan terpenuhi, barulah pengunjung diberi penjelasan mengenai hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berinteraksi dengan lumba-lumba. Salah satunya, pengunjung tidak boleh memegang beberapa bagian vital hewan menggemaskan ini. “Dilarang menyentuh empat bagian sirip ekor, hidung di bagian atas, mulut, dan mata,” ujar Education Assistant Marine Life Ocean Park Joyce.

Kemudian, ketika sudah sampai di kolam dan salah satu trainer bernama Aaron meniup peluit, seketika seekor lumbalumba menghampiri. Tidak hanya itu, Aaron juga mempersilakan pengunjung untuk menyentuh lumbalumba menggemaskan itu. Kulitnya lembut.

Hal ini karena lumba-lumba memang akan berganti kulit baru setiap dua jam sekali. Setelah itu, pengunjung berkesempatan memberikan makanan pada lumba-lumba. Tidak lama setelah diberi makanan, lumba-lumba tampak menghibur dengan melambaikan tangan hingga berenang terbalik sambil mengibaskan ekornya.

Saat ini, Marine Life Ocean Park Hong Kong memiliki sekitar 15 lumba-lumba yang mayoritas berasal dari Laut Pasifik. Setiap harinya mereka selalu memantau kesehatan lumba-lumba di pusat penelitian di sana. “Setiap minggu sekali lumba- lumba diberikan mainan yang berbeda untuk mengedukasi mereka serta makanan setiap hari,” ujar Aaron.

Menariknya, pengunjung yang bisa mengikuti program Dolphine Encounter dibatasi hanya 10 orang setiap harinya. Pengunjung yang tertarik untuk mengikuti Dolphine Encounter harus memesan tiket minimal dua hari sebelumnya (kecuali Senin). Bagaimana, tertarik menikmati hiburan berbagai macam permainan menantang adrenalin sekaligus mengikuti program Dolphin Encounter di Ocean Park Hong Kong?
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak