alexametrics

Susu Miliki Dampak Positif buat Kesehatan Jangka Panjang

loading...
Susu Miliki Dampak Positif buat Kesehatan Jangka Panjang
Satu gelas susu mengandung nutrisi berupa vitamin A, vitamin D, riboflavin, vitamin B6, float dan vitamin B12. / Foto: SINDOnews/Diana Rafikasari
A+ A-
JAKARTA - Tak hanya segar dan nikmat, susu mengandung banyak kebaikan untuk kesehatan tubuh. Spesialis Gizi Klinis, dr. Diana F Suganda, M.Kes, Sp. GK menjelaskan, susu merupakan sumber bahan makanan lengkap karena mengandung tiga nutrisi ensensial (makro nutrisi) yang dibutuhkan tubuh yaitu protein, lemak dan karbohidrat.

"Berbagai kandungan mikro nutrisi seperti kalsium, potasium dan magnesium juga terkandung di dalamnya. Sehingga, jika dikonsumsi sesuai aturan, susu akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang," jelas dr. Diana saat acara diskusi MilkVersation bersama Frisian Flag di FX Sudirman, Jakarta, Rabu (15/5).

Lengkapnya kandungan susu menjadikan susu sebagai sumber protein hewani baik yang termasuk dalam "Pedoman Gizi Seimbang atau Tumpeng Gizi" yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Untuk satu gelas susu mengandung nutrisi berupa vitamin A, vitamin D, riboflavin, vitamin B6, float dan vitamin B12.



Sedangkan untuk mineral mengandung, kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan seng. Lebih lanjut, Diana mengungkapkan, yang perlu diingat manfaat baik susu akan terasa maksimal jika dikombinasi dengan variasi asupan makanan lainnya serta didukunh aktivitas fisik atau olahraga secara rutin.

"Dengan ragam manfaat baik yang terkandung di dalam susu, amat sangat disayangkan jika masyarakat jadi enggan mengkonsumsi susu hanya karena banyak mitos yang berkembang," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, dokter Timnas sepakbola wanita Indonesia Asian Games 2018, dr. Grace Joselini mengungkapkan bahwa selain baik untuk menunjang aktivitas harian, susu juga menjadi minuman ideal untuk memulihkan kondisi tubuh setalah melakukan aktivitas atau latihan yang intens.

"Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, minum susu setelah berolahraga adalah salah satu pilihan terbaik dan bermanfaat untuk pemulihan tubuh paska olahraga," terang dr. Grace."Saya pribadi merekomendasikan para atlet yang saya awasi, untuk mengkomsumsi susu sebanyak 200-250 ml setelah latihan, untuk mengembalikan stamina dan daya tahan tubuh selama masa persiapan dan menjelang pertandingan agar dapat tampil prima," lanjutnya.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak