alexametrics

The Ranch, Destinasi Abad Pertengahan ala Robin Hood di Puncak Bogor

loading...
The Ranch, Destinasi Abad Pertengahan ala Robin Hood di Puncak Bogor
The Ranch, Destinasi Abad Pertengahan ala Robin Hood di Puncak Bogor
A+ A-
BOGOR - Meski baru dibuka dua tahun lebih, Wisata Kuda The Ranch, Cisarua, Kabupaten Bogor, ternyata sudah cukup dikenal dan menjadi objek wisata favorit keluarga di kawasan Puncak.

Pasalnya, pengelola The Ranch Cisarua sengaja mengambil konsep wisata kuda, layaknya The Ranch Bandung lantaran kawasan Puncak memiliki hawa sejuk sehingga sangat tepat bila dijadikan tempat wisata Abad Pertengahan ala Robin Hood, tokoh legendaris dari Inggris.

Manajer Operasional The Ranch Cisarua, Puncak, Bogor, Christian Mi chael, mengaku bersyukur meski Ramadhan, tempat wisata yang dikelolanya tetap ramai dikunjungi keluarga pengunjung. ”Event saat puasa maupun menjelang Lebaran kita sebetulnya tidak ada. Terkait konsep The Ranch Cisarua, Puncak, Bogor, dengan The Ranch Lembang, Bandung, jelas berbeda. Untuk yang di Bandung lebih pada peternakan ala koboi. Sedangkan yang di Bogor ini lebih ke arah Abad Pertengahan Eropa ala Robin Hood,” katanya.



Sensasi lainnya yang didapat di The Ranch Cisarua adalah pengujung bisa melihat desain bangunan hingga kostum pegawainya menyesuaikan seperti abad pertengahan.

”Yang jelas kita sengaja menciptakan konsep berbeda dengan yang di Bandung sehingga pengunjung bisa merasakan sensasi Abad Pertengahan saat datang ke The Ranch Bandung dan Cisarua,” ujarnya.

Untuk mengakomodasi minat pengunjung pada wisata kuda ini, pihaknya menyediakan 20 kuda dengan berbagai ukuran. Ada kuda berukuran besar maupun kecil (kuda poni).

”Paling banyak diminati adalah kuda poni selain lucu, juga karena memang diperuntukkan bagi anak yang memiliki tinggi di bawah 90 sentimeter atau usia balita. Bahkan kostumnya juga kita sediakan khusus anak-anak. Sedangkan kuda besar di sini diperuntukkan anak remaja maupun orang dewasa, untuk tiket Rp30.000 (kuda anak), Rp35.000 untuk kuda dewasa,” katanya.

Supervisor The Ranch Cisarua Indra mengatakan, pihaknya sengaja menyuguhkan nuansa wisata berbeda kepada para pengunjung. Selain sebagai sarana edukasi bagi anak-anak, objek wisata ini juga mengajak pengunjung untuk berkumpul bersama keluarga.

”Kita tahu bahkan alami sendiri, sekarang ini gadget bisa menyita waktu untuk keluarga. Maka dari itu, di sini selain wisata menunggang kuda, juga ada wahana permainan lain, seperti memberi makan kelinci, domba, dan lainnya,” katanya.

Selain berkuda, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lainnya yang menarik dan mengesankan. Salah satunya memanah. Aktivitas memanah ini juga bisa dilakukan oleh anak-anak.

”Karena kita temanya Abad Pertengahan Eropa, salah satu keterampilannya kan memanah. Ada panahan untuk anak-anak, nanti mereka memanah dengan targetnya boneka. Lalu ada juga yang tradisional itu dengan panahan tajam,” katanya.

Permainan memanah ini, katanya, saat ini sudah dikem-bangkan dengan jarak lebih jauh. Memanah untuk orang dewasa saat ini jaraknya sudah jauh. ”Dulu jaraknya dekat sekitar lima meter. Sekarang memanah lokasinya di belakang, jaraknya lebih jauh. Kedepannya, kita juga terus mengembangkan panahan tradisional dan membuat archery park,” ujarnya.

The Ranch Cisarua juga menyediakan peternakan yang bisa menjadi arena bermain anak-anak, seperti halnya peternakan domba merino, sapi, hingga kelinci. Di sana anak-anak bisa memberikan makan dan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut.

”Tak hanya itu, pengunjung pun bisa menikmati wahana yang ada di sana di antaranya bermain sepeda, bermain trampolin, naik delman, hingga balon air,” ungkapnya. Selain itu, salah satu hal yang tak boleh terlewatkan bagi pengunjung adalah berswafoto.

Anda pun bisa berfoto dengan latar lapangan luas dipenuhi dengan rerumputan dan taman-taman dengan beragam varian bunga. Bahkan bisa pula mencari spot foto yang instagramable, seperti halnya berfoto di depan bangunan castle cafe, nak nik ville, jembatan dongeng, dan candy barrel.

”Bahkan pengunjung dipersilakan menyewa kostum sambil ber keliling untuk berswafoto di semua spot yang tersedia di The Ranch Cisarua ini,” katanya.

Setelah puas menikmati berbagai spot, para pengunjung yang lelah seusai bermain bersama keluarga juga bisa menikmati wisata kuliner yang disediakan restoran The Ranch Cisarua dengan cita rasa Bandung.

”Di sini sudah dilengkapi toko oleholeh, restoran dengan menu makanan khas Bandung, seperti batagor, siomay, dan camilan unik seperti tahu susu yang disediakan dalam bentuk mentah maupun matang,” katanya. (Haryudi)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak