alexametrics

Resep Sapo Seafood yang Praktis Tanpa Banyak Ribet

loading...
Resep Sapo Seafood yang Praktis Tanpa Banyak Ribet
Tak punya banyak waktu memasak membuat orang memilih makanan praktis saat sahur. Meski praktis, santap sahur juga harus menyehatkan seperti sapo seafood ini. (Instagram/MasakTV)
A+ A-
JAKARTA - Tak punya banyak waktu memasak membuat banyak orang menyantap makanan praktis saat sahur. Meski praktis, santap sahur juga harus menyehatkan seperti sapo seafood ini.

Tak punya banyak waktu untuk memasak, membuat banyak orang menyantap makanan praktis saat sahur. Meski praktis, santap sahur juga harus menyehatkan.

Lupakan mi instan dan bikin saja sapo seafood. Makanan ini dijamin praktis, namun menyehatkan lantaran terbuat dari beragam sayuran, udang serta cumi. Berikut resep membuat sapo seafood untuk sahur seperti dikutip dari akun Instagram @masaktv.



Bahan:
60 g udang
100 g cumi
150 g bakso ikan, potong 2 bagian
4 buah jamur shitake
2 buah wortel, kupas, iris tipis
50 g pok coy
50 g sawi putih, potong-potong
2 btg daun bawang, potong serong
1 buah egg tofu, potong bulat-bulat
4 siung bawang putih, cincang
½ siung bawang bombai, potong-potong
1 ruas jahe, cincang
4 sdm tepung maizena, larutkan dalam sedikit air
600 ml air kaldu
1 sdt minyak wijen
Minyak goreng
Garam
Gula
Lada

Bahan saus:
2 sdm saus hoisin
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap ikan
1 sdm saus tiram
1 sdm xo sauce (bisa diganti chilli oil yang ada cabainya)

Cara membuat:
1. Baluri egg tofu yang sudah dipotong-potong dengan sedikit tepung maizena. Goreng hingga kecokelatan. Campur semua bahan saus, aduk rata. Panaskan sedikit minyak. Masukkan cumi, udang, dan bakso ikan. Tumis sebentar. Sisihkan.

2. Panaskan minyak, masukan bawang putih dan jahe. Tumis hingga harum. Tambahkan wortel dan jamur shitake. Tumis sebentar. Masukan campuran bahan saus dan kaldu ayam.

3. Tambahkan garam, gula, dan lada. Aduk rata. Masukan cumi, udang, dan bakso ikan yang sudah ditumis. Aduk sebentar. Tambahkan bawang bombai, sawi putih, pok choy, dan daun bawang. Masak hingga air menggolak.

4. Masukkan larutan tepung maizena. Aduk hingga mengental. Tambahkan minyak wijen dan egg tofu yang telah digoreng. Aduk sebentar. Angkat. Sapo safood siap dihidangkan.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak