alexametrics

Keanu Reeves Ucapkan Frasa Bahasa Indonesia di Film John Wick 3

loading...
Keanu Reeves Ucapkan Frasa Bahasa Indonesia di Film John Wick 3
Keanu Reeves mengucapkan satu frasa dalam bahasa Indonesia ketika berhadapan dengan Yayan Ruhian dan Cecep Arif di film John Wick: Chapter 3Parabellum. (Lionsgate)
A+ A-
JAKARTA - Peringatan: Tulisan ini mengandung SPOILER/BOCORAN untuk film John Wick: Chapter 3—Parabellum. Jika Anda tidak mau mengetahui lebih lanjut tentang apa yang terjadi di film itu sebelum Anda nonton filmnya, lebih baik jangan teruskan membaca artikel ini. Anda sudah diperingatkan.

John Wick: Chapter 3—Parabellum yang sudah mulai tayang di Indonesia terasa spesial dengan kehadiran dua aktor Tanah Air, yaitu Yayan Ruhian dan Cecep Arif. Keduanya didapuk untuk memerankan tokoh assassin atau pembunuh yang menjadi tangan kanan salah satu musuh utama John Wick (Keanu Reeves) di film itu, yaitu Zero (Mark Dacascos).

Sambil memamerkan kepiawaian mereka berpencak silat saat menghadapi John di bagian klimaks film ini, Yayan dan Cecep juga memperkenalkan karambit, senjata asli Indonesia di film ini. Senjata ini mereka pakai dalam pertarungan dua lawan satu di salah satu ruangan di Hotel Continental New York. Di awal pertarungan, John yang sudah kelelahan terlihat kewalahan menghadapi serangan Yayan dan Cecep di film ini. (Baca Juga: Yayan Ruhian dan Cecep Arif Perkenalkan Karambit di John Wick 3)

Yang menarik, ketika John jatuh setelah bertarung dengan Yayan dan Cecep, dua aktor Indonesia itu kebagian dialog untuk membahas pertarungan itu. Mereka tidak menggunakan bahasa Inggris, tapi tetap berbahasa Indonesia. Namun, yang membuat keduanya terlihat kaget di film itu adalah ketika John berhasil membalas serangan dan mengempaskan dua orang itu, dia mengucapkan satu frasa dalam bahasa Indonesia.



“Sampai jumpa,” ucap John dalam bahasa Indonesia.

Menurut Yayan, Keanu sendirilah yang meminta dialog tersebut dalam bahasa Indonesia. Dan, dia belajar dengan cepat di lokasi syuting karena bagian tersebut awalnya tidak ada. Yayan menuturkan, dialog mereka pun awalnya tidak ada. Namun, sutradara kemudian memutuskan untuk memberikan mereka dialog di tengah syuting dengan bahasa Inggris dan meminta mereka mengubahnya dalam bahasa Indonesia. Ini kemudian membuat Keanu tertarik.

“Keanu sendiri yang memintanya. Awalnya nggak ada rencana dialog. Keanu tanya spontan untuk dialognya,” ujar Yayan, di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Sementara, di film tersebut, karakter Yayan dan Cecep seharusnya dimatikan. Namun, di tengah syuting, terjadi perubahan dan mereka pun tetap hidup. Ini menimbulkan pertanyaan apakah tokoh ini akan muncul di John Wick 4. Yayan dan Cecep mengaku tidak tahu bagaimana kelanjutan nasib mereka di franchise ini.

“Kita sempet denger kalau ini (John Wick 3) yang terakhir. Jalau tiba-tiba berubah, itu kita tidak tahu. Awalnya kita tahunya kita akan mati. Kalau melihat itu tadi, itu kita mati. Tapi, pada proses syuting, ada perubahan koreografi. Coba kalau kita tidak mati bagaimana. Itu tanda atau bukan, kita tidak tahu,” papar Cecep. (Baca Juga: Review Film John Wick: Chapter 3—Parabellum)

Sepertinya, harapan untuk bisa kembali menyaksikan Yayan dan Cecep kembali beraksi di John Wick 4 bisa terwujud. Sutradara franchise ini, Chad Stahelski, mengatakan, dirinya masih membuka peluang untuk kembali menukangi film tersebut. Apalagi, akhir John Wick 3 ini memang menggantung, seperti John Wick 2, sehingga penonton pun dibuat penasaran dengan kelanjutannya.

“Semuanya, masing-masing film ini punya alasan tersendiri. (John Wick) 1 itu sulit karena kami tidak paham apa yang mau kami lakukan. Nomor 2, kami punya peta seluruh dunia yang sebelumnya tidak pernah kami pikirkan. 3, bagiamana kami memperluas dan mendapatkan sesuatu yang kreatif untuk para audiens, tidak hanya lebih besar dan lebih keren. Nomer 4, saya yakin, akan lebih sulit,” tutur Chad seperti dikutip Movie Web.

Chad telah memimpin franchise ini sejak awal di balik kamera. Dia menyutradarai film pertama John Wick bareng David Leitch—yang sejak itu sudah move on dengan menyutradarai film seperti Deadpool 2 dan Atomic Blode. Chad kemudian menyutradarai sendiri John Wick 2 dan 3. Poinnya, dia pasti sudah tahu lebih banyak sekarang. Namun, apa artinya komentarnya tersebut? (Baca Juga: Yang Harus Diketahui Tentang John Wick: Chapter 3-Parabellum)



Hingga saat ini, Lionsgate tidak banyak bicara tentang franchise tersebut. Namun, mereka punya alasan untuk membuat film Joh Wick selama film itu tetap menguntungkan. Sampai saat ini, John Wick 3 digadang-gadang bakal menguasai box office akhir pekan ini dengan menjungkalkan Avengers: Endgame dan Detective Pikachu. Film ini diperkirakan akan meraup setidaknya USD40 juta di akhir pekan pembukaannya. Selain itu, rating 95% dari Rotten Tomatoes menjamin film ini adalah salah satu yang bakal menyegarkan banyak orang.





(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak