Kurangi Kadar Kolesterol, Puasa Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung

Jum'at, 17 Mei 2019 - 05:16 WIB
Kurangi Kadar Kolesterol, Puasa Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung
Kurangi Kadar Kolesterol, Puasa Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung
A A A
JAKARTA - Penyakit jantung dipandang sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, terhitung sekitar 31,5 persen kematian secara global. Mengubah pola makan dan gaya hidup merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa memasukkan puasa ke dalam rutinitas Anda sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung. Satu studi kecil mengungkapkan bahwa puasa delapan minggu bergantian mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigloserida jahat LDL masing-masing sebesar 25 persen dan 32 persen.

Dilansir dari Healthline, studi lain pada 110 orang dewasa yang berbadan gemuk menunjukkan bahwa puasa selama tiga minggu di bawah pengawasan medis secara signifikan menurunkan tekanan darah, serta kadar trigliserida darah, kolesterol total dan kolesterol LDL buruk.

Selain itu, satu penelitian yang melibatkan 4.629 orang yang terkait puasa dengan risiko penyakit arteri koroner yang lebih rendah, serta risiko diabetes yang secara signifikan lebih rendah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Artinya, puasa adalah praktik yang telah dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan potensial, termasuk penurunan berat badan, serta peningkatan kontrol gula darah, kesehatan jantung, fungsi otak, dan pencegahan kanker. Dari puasa air hingga puasa intermiten dan pembatasan kalori, ada banyak jenis puasa yang sesuai dengan hampir setiap gaya hidup.

Jika Anda memutuskan untuk mencoba puasa, pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik dan mengkonsumsi makanan dengan makanan padat gizi untuk memaksimalkan manfaat kesehatan potensial. Selain itu, jika berpuasa untuk waktu yang lebih lama, cobalah untuk meminimalkan aktivitas fisik yang intens dan banyak istirahat.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6347 seconds (0.1#10.140)