alexametrics

M Bloc Bakal Jadi Ruang Kreasi Baru Bagi Kalangan Millenial

loading...
M Bloc Bakal Jadi Ruang Kreasi Baru Bagi Kalangan Millenial
Lahan yang awalnya merupakan komplek perumahan karyawan dan gudang produksi yang sudah tidak beroperasi itu akan dijadikan gedung konser dan ruang kreatif lainnya.
A+ A-
JAKARTA - Sebuah creative-hub multifungsi akan segera dibangun di Jakarta. Ruang kreasi untuk seniman, musisi dan semua orang, terutama kaum milenial tersebut bakal diberi nama M Bloc.

Hal tersebut dihadirkan oleh PT Ruang Riang Millenial dengan menggandeng PT Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri), setelah meilhat minimnya lahan atau tempat untuk menghadirkan ruang kreatif seperti gedung konser di Ibu Kota Jakarta.

Proyek M Bloc ini nantinya akan mengalihfungsikan lahan milik Peruri di kawasan Melawai, Jakarta Selatan. Lahan yang awalnya merupakan komplek perumahan karyawan dan gudang produksi yang sudah tidak beroperasi itu akan dijadikan gedung konser dan ruang kreatif lainnya.



Dalam pengerjaannya, Peruri menggaet Ruang Riang Milenial sebagai pengelola. Lahan seluas 6.500 meter dengan beberapa gedung itu bakal direnovasi menjadi gedung konser dan creative-hub bagi komunitas milenial.

"Kami ingin mendorong wadah ruang kreatif untuk milenial, sepertinya Jakarta kekurangan gedung konser dan ruang kreatif. Proyek ini sekaligus optimalisasi aset Perusi yang selama ini idle," kata Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya dalam keterangan tertulisnya kepada SINDO, Sabtu (18/5).

Direktur Program M Bloc, Wendi Putranto mengungkapkan, telah memiliki gambaran untuk aktivasi M Bloc ke depannya. Salah satu fokusnya yakni mengadakan konser musik setiap harinya. Menampilkan talenta-talenta lokal dengan karya orisinil dari berbagai genre dan generasi.

"Banyak talent di sini yang kekurangan tempat konser. M Bloc adalah jawabannya. Konser musik akan digelar setiap hari, sehingga menjadi destinasi wisata musik di Jakarta," ujar Wendi.

Menurut Wendi, kehadiran M Bloc berpotensi memberi sumbangsih untuk memajukan industri musik. Sebab tempat ini akan menyediakan wadah bagi band maupun penyanyi yang ingin menggelar pertunjukan. "Tempat kecil ini akan mendukung musisi lokal menjadi besar. Meski hanya berkapasitas 350 orang," imbuh Wendi.

Dalam kesempatan yang sama, musisi Glenn Fredly menyambut baik dan positif akan dibangunnya gedung konser serta ruang kreatif bernama M Bloc. Menurutnya, saat ini, Indonesia kekurangan tempat yang memfasilitasi musisi untuk tampil dan berinteraksi dengan pendengar.

"Bagi saya sebagai musisi, Indonesia kekurangan ruang kreatif, seperti gedung konser. Dan tempat ini takdirnya jadi ruang kreatif bagi kaum milenial," ungkap Glenn.

Pelantun lagu Kasih Putih itu menyebut kehadiran M Bloc sangat membantu musisi nantinya, terutama dalam hal menyediakan wadah untuk tampil memperdengarkan karya. "Ini sebenarnya mimpi banyak pelaku kreatif terutama musik," tandasnya.

Dengan adanya wadah bagi musisi, menurut Glenn Fredly, tentunya ke depan industri musik bakal terus bergairah. Otomatis regenerasi dan kemunculan musisi berbakat lainnya akan ramai.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak