alexametrics

6 Cara Mengobati Cedera dengan Bahan Alami

loading...
6 Cara Mengobati Cedera dengan Bahan Alami
Cedera olahraga yang paling umum adalah keseleo, cedera lutut, otot bengkak, dan sakit punggung. Mengatasinya tak perlu ke dokter atau obat mahal, buat saja sendiri. Foto/Itimewa.
A+ A-
JAKARTA - Jika Anda adalah seseorang yang suka berolahraga, Anda harus mewaspadai cedera. Ini adalah sesuatu yang hampir semua orang mengalaminya.

Cedera olahraga yang paling umum adalah keseleo, cedera lutut, otot bengkak, sakit punggung, dan lainnya. Sebagian besar orang memilih obat penghilang rasa sakit untuk mengobati masalah itu. Namun, ada beberapa solusi rumahan yang sangat bisa dicoba. Menarik, seperti dilansir Times Of India, obat ini tidak memiliki efek samping.

1. Minyak jarak
Minyak jarak dapat membantu mengurangi rasa sakit dan membantu menyembuhkan cedera. Bahkan membantu mengurangi rasa sakit. Panaskan satu sendok teh minyak jarak dan pijat bagian yang bengkak. Tutupi bagian itu dengan selembar kain kecil untuk menghindari noda pada pakaian yang Anda kenakan. Diamkan selama 20-30 menit agar minyak benar-benar terserap ke dalam kulit.



2. Petroleum jelly
Petroleum jelly atau minyak ter adalah bahan yang sangat baik untuk mengekang pertumbuhan blister (atau memecahnya). Oleskan sedikit petroleum jelly pada blister untuk membatasi gesekan pada jaringan di sekitarnya. Jelly transparan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan di daerah yang terluka dan mempercepat proses penyembuhan.

3. Kunyit
Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan telah digunakan untuk waktu yang sangat lama untuk menyembuhkan semua jenis cedera. Ini mengurangi pembengkakan dan memberikan bantuan dari nyeri otot. (Baca juga: 5 Resep Obat Kumur Terbaik, Bisa untuk Menjaga Bau Mulut Selama Puasa).

Yang perlu dilakukan adalah memasukkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu panas dan meminumnya dua kali sehari. Anda juga bisa membuat pasta dengan bubuk kunyit dan ghee. Oleskan campuran itu pada luka Anda dan balut di atasnya. Pastikan untuk mengganti balutan Anda dua kali sehari.

4. Cuka putih
Cuka putih membantu memperbaiki telinga perenang. Infeksi terjadi ketika tingkat pH telinga terganggu karena terlalu banyak uap air dan sedikit kotoran telinga di saluran telinga. Kondisi ini menjadikan telinga tempat berkembang biak bakteri. Untuk mengatasinya, masukkan 0,25 mililiter cuka putih ke dalam saluran telinga Anda. Ulangi ini dua kali sehari selama 48 jam.

5. Jahe
Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Ini bisa mempercepat proses penyembuhan. Anda bisa memasukkan jahe ke dalam makanan atau minum teh jahe. Anda juga bisa mencoba mandi jahe. Cukup masukkan 2-3 sendok makan jus jahe ke dalam air mandi. Jika Anda memiliki kulit sensitif, harap berhati-hati karena jahe mentah dan kering dapat menyebabkan iritasi kulit.

6. Jus nanas dan delima
Kedua jus tersebut dikemas dengan enzim yang mengandung sifat anti-inflamasi dan anti-iritasi. Senyawa tersebut mempercepat proses penyembuhan. Ambil jus apa saja dan tambahkan satu sendok teh jahe dan 1/2 sendok teh kunyit di dalamnya. Konsumsilah minuman ini dua kali sehari.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak