alexametrics

Film Live Action Mulan Akan Menjadi Film Termahal Disney

loading...
Film Live Action Mulan Akan Menjadi Film Termahal Disney
Film live action Mulan akan menjadi film Disney dengan dana terbesar. Menurut Gong Li, biaya produksi film yang akan dirilis pada 2020 mencapai USD300 juta. (IMDB)
A+ A-
Disney masih terus sibuk membuat versi live action dari sejumlah kartun klasik mereka. Tahun ini, mereka telah merilis Dumbo dan akan disusul oleh Aladdin serta The Lion King. Jika masih terhitung sebagai live action, Disney juga merilis sekuel Maleficent pada Oktober mendatang. Usaha mereka tidak berhenti di sini.

Tahun depan, mereka juga telah mempersiapkan sejumlah film live action. Salah satunya adalah Mulan. Film ini diangkat dari film kartun Mulan yang dirilis pada 1998. Mulan mengisahkan tentang Hua Mulan, prajurit legendaris China dari periode dinasti Utara dan Selatan, yang merupakan seorang wanita. Dalam kisah ini, Mulan menyamar sebagai pria untuk menggantikan posisi ayahnya di pasukan perang.

Dan, Disney sepertinya tidak main-main dalam menghidupkan film ini. Pada 2018, ada laporan menyebutkan, dana untuk pembuatan film Mulan mungkin melampaui rencana awal, yaitu USD280 juta. Namun, salah satu bintang film ini, Gong Li, beberapa waktu lalu mengatakan, dana untuk pembuatan ini mencapai USD300 juta. Angka ini adalah angka terbesar bagi film buatan Disney hingga saat ini. Namun, rekor ini tidak memasukkan film-film Marvel yang sebagian diproduksi Disney. Avengers: Endgame, misalnya, dibuat dengan dana sebesar USD350 juta.



Menurut Gong seperti dikutip Lastestly, Gong mengatakan, alasan mengapa dana pembuatan fim itu begitu besar adalah karena visual effect yang dibutuhkan untuk menghidupkan karakter dan dunia kaya mitos Mulan tersebut. Melihat bagaimana film itu di-setting dengan latar belakang perang dan memiliki adegan perang besar, maka masuk akal kalau studio itu ingin membuatnya terlihat autentik.

Film-film seperti The Jungle Book dan Beauty and the Beast yang memerlukan banyak CGI membuat studio itu merogoh kocek hingga USD170—200 juta untuk biaya produksi. Namun, live action Mulan ini diperkirakan akan melampaui dana yang pernah dikeluarkan studio tersebut. Mereka jelas punya alasan yang sangat kuat untuk memastikan hasil bagus dalam menghidupkan Mulan dan mempersembahkan karya fenomenal kepada audiens.

Disney awalnya merencanakan proyek Mulan ini pada 2010, tapi baru pada 2015 proyek itu diluncurkan dan mulai dikembangkan. Sejumlah kontroversi membayangi film ini terkait skrip asli yang menampilkan aktor utama berkulit putih dan rencana menampilkan penyelamat berkulit putih. Namun, Disney kemudian memutuskan menulis ulang itu dengan janji bukan hanya Mulan yang menjadi bintang di film ini tapi juga sederet aktor China bakal memainkan semua karakter utama di film ini. Dikutip dari Screen Rant, studio itu akhirnya mendapuk sutradara wanita, Niki Caro, dan aktris Liu Yifei untuk memerankan Mulan. Aktor lain yang juga terlibat dalam proyek ini adalah Donnie Yen, Jason Scott Lee, Tzi Ma, Yosan An dan Jet Li. Di film ini, Gong memerankan tokoh penyihir.

Disney kali pertama merilis foto Mulan pada 2018 dengan menampilkan Mulan dengan sebilah pedang yang siap untuk bertarung. Disney sudah merilis detil yang cukup banyak bahwa mereka akan mengambil cerita ini dari legenda Mulan sebagai basis cerita film ini. Mulan telah memisahkan diri dari kisah animasinya dan tidak akan menjadi sebuah film musikal, tapi tetap akan menampilkan sejumlah musik dari versi animasinya di sejumlah adegan. Lagu tema film ini yang dulu terkenal adalah True to Your Heart (Mulan) dan Reflection. Mulan versi live action akan dirilis pada Maret 2020.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak