Ratusan Nelayan Berpartisipasi dalam Kompetisi Hias Kapal di Pantai Boom Tuban

Sabtu, 29 Juni 2024 - 16:30 WIB
loading...
Ratusan Nelayan Berpartisipasi dalam Kompetisi Hias Kapal di Pantai Boom Tuban
Sebanyak 310 nelayan dan 155 kapal memenuhi area dermaga Pantai Boom untuk mengikuti kegiatan Maritim persembahan Nippon Paint. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Tuban, Jawa Timur, dulu dikenal sebagai pelabuhan utama, tempat perlintasan perdagangan dan pelayaran bangsa-bangsa di Asia Tenggara. Pantai Boom yang terletak di Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban, atau tepatnya di sebelah utara Alun-Alun Tuban, merupakan pelabuhan penting di masa kejayaan Kerajaan Majapahit.

Dengan kuatnya kultur budaya maritim di daerah Tuban, hasil laut pun menjadi tumpuan para nelayan sehingga menjadi salah satu penyumbang roda perekonomian di daerah ini. Nippon Paint Indonesia melihat besarnya potensi kemaritiman di Tuban, sehingga tergerak untuk memberikan dukungan kepada para nelayannya.

Nippon Paint pun menginisiasi program CSR Maritim. Dukungan dan langkah nyata Nippon Paint untuk masyarakat pesisir melalui program ini diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan peremajaan kapal nelayan yang berkelanjutan sebagai sumber penghidupan. Tak hanya nelayan, dalam program Maritim, Nippon Paint juga memberikan dukungan kepada anak-anak nelayan serta melakukan kegiatan pemeliharaan lingkungan bersama-sama dengan masyarakat pesisir.

Harijanto, Regional Sales Manager Nippon Paint Indonesia, mengatakan, program Maritim menjadi wujud nyata dari sustainability pilar Nipsea Group yang tidak hanya untuk memberikan dukungan berupa peremajaan perahu nelayan sebagai alat utama mata pencaharian, namun juga dengan pelestarian pesisir melalui program bersih-bersih pantai, serta pemberian apresiasi kepada anak-anak nelayan berprestasi di pesisir Indonesia.

"Kami juga menyelenggarakan kompetisi kapal dengan dekorasi terbaik dan kreatif melalui lukisan-lukisan yang ditorehkan di kapal mereka," ujarnya.

Program Maritim ini mendapat respons sangat tinggi dari para nelayan di Kabupaten Tuban. Seperti diungkapkan oleh Marwi, Ketua Rukun Nelayan Karangsari.

“Sebagai nelayan yang sehari-harinya mencari penghasilan dengan menangkap ikan di laut, tentu saja kegiatan Maritim dari Nippon Paint ini memberikan banyak manfaat bagi kami. Dengan adanya peremajaan kapal dan juga pemberian apresiasi bagi anak-anak nelayan berprestasi, membuat kami sangat berterima kasih dan menghargai hal tersebut,” katanya.

Penganugerahan apresiasi bagi anak nelayan berprestasi diserahkan langsung oleh Harijanto kepada siswa/siswi khususnya anak para nelayan yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Apresiasi ini bertujuan untuk mendorong mereka agar lebih termotivasi dalam belajar.

Antusiasme para nelayan terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti program Maritim. Terlihat pada puncak acara program Maritim yang dihelat di Pantai Boom, Tuban, pada 22 Juni lalu, tercatat sebanyak 310 nelayan dan 155 kapal memenuhi area dermaga Pantai Boom untuk mengikuti kegiatan Maritim persembahan Nippon Paint.

Antusiasme para nelayan juga tampak dalam kegiatan Bersih Pantai. Secara kompak mereka bergerak aktif membersihkan Pantai Boom dari sampah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0677 seconds (0.1#10.140)
pixels