Ngabuburit Seru di Alun-Alun Kabupaten Lumajang Jawa Timur

Rabu, 22 Mei 2019 - 15:30 WIB
Ngabuburit Seru di Alun-Alun Kabupaten Lumajang Jawa Timur
Ngabuburit Seru di Alun-Alun Kabupaten Lumajang Jawa Timur
A A A
Alun-alun Lumajang yang semakin cantik dan mempesona, membuat Lumajang kian terasa ramai dua tahun belakangan ini. Pemerintah setempat berinisiatif melakukan pembenahan dan tiap sudutnya dipercantik sedemikian rupa. Siap jadi daya tarik anyar untuk wisatawan, lokal maupun mancanegara.

Dikutip dari Travelingyuk, dulunya Alun-alun Lumajang tak seindah sekarang. Sempat terkesan kuno, pengap, dan tak bersahabat lantaran dibatasi pagar tebal. Namun semua berubah 180 derajat usai Pemerintah Kabupaten melakukan renovasi. Alun-Alun Lumajang kini tampil dengan wujud baru.

Pagar dirobohkan dan trotoar diperlebar. Tiap sudutnya dihiasi air mancur menari. Disediakan fasilitas playground dan fitness center. Bunga-bunga juga diperbanyak dan taman dipercantik di wisata Lumajang ini bisa menjadi salah satu lokasi ngabuburit yang pas. Tak hanya sekedar menjadi ruang terbuka publik, Alun-alun Lumajang juga dilengkapi sedikit sentuhan religi.

Di bagian barat alun-alun, tepatnya di seberang Masjid Jami, terdapat sebuah trotoar luas. Bagian ini dihiasi pintu berbentuk kubah. Sementara di pinggir jalan tampak kaligrafi panjang nan menawan. Alun-Alun ini juga memiliki dua air mancur. Jika berjalan ke sisi Tenggara, pengunjung akan menemukan air mancur dengan aliran sungai di bawahnya. Sementara di sisi timur laut, air mancurnya mengalir dari bagian dasar ubin dengan hiasan pilar warna-warni asimetris di sekelilingnya.

Anda juga bisa melihat air mancur menari yang ikonik di sini. Begitu malam tiba, pancaran air akan memantulkan sederet grafis keren. Atraksi ini kerap jadi favorit para pengunjung. Alun-Alun ini juga menyediakan area bermain khusus anak-anak atau playground. Wahana permainan yang disediakan cukup beragam. Selain ayunan, ada juga jungkat-jungkit, seluncuran, dan masih banyak lagi. Area ini bisa dibilang cukup aman, asalkan orang tua jangan sampai lalai mengawasi si kecil.

Ada juga taman lansia yang tidak mengalami pemugaran atau renovasi. Sejak dulu, taman ini sudah dirancang sedemikian rupa agar nyaman untuk usia lanjut. Beberapa fasilitas pendukung disediakan, termasuk jalur berbatu untuk pijat refleksi. Selain, itu tepat di sebelah taman lansia, terdapat fitness center. Ada sekitar 10 alat olah kebugaran dan semuanya dapat digunakan secara gratis.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6496 seconds (0.1#10.140)