Lebaran di Samosir Yuk, Sambil Nonton Sigale-Gale Carnival 2019

Sabtu, 25 Mei 2019 - 23:33 WIB
Lebaran di Samosir Yuk, Sambil Nonton Sigale-Gale Carnival 2019
Lebaran di Samosir Yuk, Sambil Nonton Sigale-Gale Carnival 2019
A A A
SAMOSIR - Kalau kalian belum mempunyai jadwal buat mengisi libur Lebaran, yuk datang ke Danau Toba. Dijamin bakal asyik, bakal menyenangkan.

Ada Sigale Gale Carnival 2019 yang siap digelar di Samosir 8 Juni 2019. Berbagai atraksi menarik siap memanjakan wisatawan di libur Lebaran ini.

"Datang deh ke Sigale Gale Carnival 2018. Ada banyak yang seru-seru. Apalagi pas dengan waktu libur Lebaran tiba. Menikmati Danau Toba dengan sajian atraksi yang super keren akan membuat libur Lebaran bersama keluarga makin menyenangkan,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jumat (24/5/2019).

Menteri yang murah senyum itu memang tak asal bicara. Di festival ini, wisatawan bakal banyak dijamu keseruan yang luar biasa. Rangkaiannya banyak. Dari mulai karnaval keren, pertunjukan seni budaya, hingga berbagai perlombaan. Hal ini tentu sangatlah wajar, pasalnya Sigale Gale Carnival telah masuk ke dalam 100 Calendar of Event (CoE) 2019 Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Belum lagi cerita magis Danau Toba yang banyak mengundang keingintahuan. Di sana wisatawan bisa mendengarkan cerita super volcano yang sempat menggemparkan dunia ribuan tahun silam lewat ledakan dahsyatnya. Itu belum termasuk panorama alamnya yang memesona.

Kawasan yang sedang dikembangkan menjadi "10 Bali Baru" itu levelnya sudah naik kelas. Sudah dunia. Panoramanya kaya cerita. Punya alam kaldera dan air terjun. Punya danau yang besarnya melebihi luas Singapura. Punya Balige yang tak ubahnya seperti Ubud, Bali. Kawasannya dihias sawah menghijau, berlapis-lapis, subur dan sejuk di mata.

"Jadi tinggal kita ramaikan sedikit lewat event-event berkualitas. Kita ajak traveller merasakan dan melihat langsung panorama Danau Toba lewat Sigale Gale Carnival 2019," kata Menpar Arief.

Yang suka culture, di sinilah tempatnya. Seni tarian tradisional, musik, adat istiadat, sejarah serta budaya bisa didapatkan dalam satu waktu perjalanan wisata. Nanti ada suguhan Tari Tor Tor, Kain Ulos, kampung adat Huta Siallagan dengan Rumah Bolonnya, serta berbagai sejarah serta peninggalan raja raja Batak serta Boneka Sigale Gale yang siap menyapa wisatawan.

“Banyak warna menariknya. Eventnya kita set sehingga wisatawan bisa enjoy mengeksplor keindahan alam serta seni budaya dan sejarah Batak di Samosir. Karnavalnya dipersiapkan semaksimal mungkin dengan menampilkan berbagai kostum ciamik. Pokoknya semua kita siapkan untuk menghibur wisatawan,” timpal Plt Kadispar Samosir Daulat Nainggolan.

Yang hobi kulineran, dijamin bakal happy di sana. Sekadar gambaran, Samosir adalah surganya kuliner tradisional yang lezat. Dari mulai Mie Gomak, Arsik Ikan Mas, Kue Lampet, dan Kue Goreng Gadong, semua ada di sana. Dan semuanya, siap memanjakan lidah para wisatawan.

"Silakan berlibur Lebaran ke Samosir Danau Toba sambil menikmati Sigale Gale Carnival 2019. Gak usah bingung soal penginapan. Dari mulai hotel, villa hingga guesthouse tersebar di Samosir. Kapan lagi libur lebaran bisa menyaksikan karnaval keren seperti ini," ajak Ketua Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2019 Kemenpar Esthy Reko Astuti.
(alf)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4121 seconds (0.1#10.140)