5 Waktu Terlarang Minum Kopi, Jangan Asal Konsumsi

Kamis, 04 Juli 2024 - 09:40 WIB
loading...
5 Waktu Terlarang Minum Kopi, Jangan Asal Konsumsi
Kopi adalah minuman favorit banyak orang yang terkenal untuk meningkatkan energi. Namun, tidak semua waktu saat yang tepat untuk menikmati secangkir kopi. Foto/Eat This Not That
A A A
JAKARTA - Kopi adalah minuman favorit banyak orang yang terkenal karena kemampuannya untuk meningkatkan energi dan kewaspadaan. Namun, tidak semua waktu adalah saat yang tepat untuk menikmati secangkir kopi.

Beberapa waktu tertentu dapat membuat konsumsi kopi berdampak negatif pada kesehatan. Namun, jika dikonsumsi pada waktu yang tepat, kopi adalah minuman yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Menghindari kopi pada waktu-waktu tertentu seperti pagi hari setelah bangun tidur, menjelang tidur, sebelum atau setelah makan, saat merasa cemas atau stres, dan saat dehidrasi dapat membantu Anda menjaga kesehatan secara optimal.

Berikut adalah lima waktu terlarang untuk minum kopi yang perlu diketahui untuk menjaga kesehatan dilansir dari Times of India, Kamis (4/7/2024).

5 Waktu Terlarang Minum Kopi





1. Pagi Hari setelah Bangun Tidur


Meski terdengar mengejutkan, minum kopi segera setelah bangun tidur bukanlah pilihan terbaik. Tubuh secara alami memproduksi hormon kortisol, yang membantu Anda merasa lebih waspada, sekitar pukul 6 hingga 10 pagi.

Mengonsumsi kafein pada saat ini dapat mengganggu produksi kortisol dan membuat tubuh lebih bergantung pada kafein untuk tetap terjaga. Sebaiknya, minum kopi setelah satu atau dua jam bangun tidur, ketika kadar kortisol mulai menurun.

2. Menjelang Tidur


Minum kopi di sore atau malam hari bisa mengganggu tidur Anda. Kafein adalah stimulan yang dapat tetap berada dalam sistem tubuh selama 6 hingga 8 jam. Mengonsumsi kopi kurang dari 6 jam sebelum tidur dapat mengurangi kualitas tidur dan menyebabkan insomnia.

Jika Anda membutuhkan minuman hangat di malam hari, pilihlah teh herbal yang bebas kafein sebagai pengganti.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)
pixels