Ibu Hamil Ingin Mudik Lebaran? Ini Tipsnya Biar Tetap Nyaman!

Kamis, 30 Mei 2019 - 16:30 WIB
Ibu Hamil Ingin Mudik Lebaran? Ini Tipsnya Biar Tetap Nyaman!
Ibu Hamil Ingin Mudik Lebaran? Ini Tipsnya Biar Tetap Nyaman!
A A A
JAKARTA - Kehamilan membuat para calon ibu mengalami banyak perubahan besar, mulai dari perubahan suasana hati hingga bentuk tubuh yang semakin membesar. Kondisi ini pun membuat ibu hamil harus mendapatkan perhatian dan persiapan ekstra sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Pada dasarnya, tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk mudik. Namun, bukan berati ibu hamil bisa bebas mudik begitu saja. Tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil sebelum menjalankan mudik Lebaran. Hal tersebut adalah kondisi kesehatan, usia kehamilan hingga kendaraan yang dikenakan sang ibu selama perjalanan mudik ke kampung halaman.

"Prinsipnya tidak ada larangan. Misalnya hamil ada flek-flek, masa mau nekat? Kontraksi terus menerus itu berisiko. Stres fisik dan psikis juga memperberat dan mempercepat kontraksi," kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr Bambang Widodo, SpOG(K), MARS.

"Udah hamil delapan bulan setengah, sebentar lagi sembilan bulan, (mudik) naik motor dari Jakarta ke Surabaya. Itu pasti brojol di jalan, repot sendiri," tambahnya.

Mengingat ibu hamil memiliki kondisi yang rentan, diperlukan kerja sama dengan suami dan keluarga besar agar mudik tetap nyaman. Sementara, Psikolog Anna Surti Ariani menyarankan untuk membuat perjalanan mudik senyaman mungkin lantaran ibu hamil memiliki sejumlah keterbatasan, seperti kerap buang air kecil dan mudah pegal akibat adanya perubahan pada tulang punggungnya.

"Persiapan awal yang utama adalah menerima keterbatasan dirinya bahwa sebagai perempuan hamil memang mudah lelah, sedikit-sedikit butuh ke toilet dan tidak bisa bawa barang berat. Kalau ibu hamil sudah menyangkal keterbatasan itu dahulu, akan semakin banyak masalah yang dialami," saran Anna.

Mental juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Apalagi kerap banyak hal tak terduga yang tidak menyenangkan saat mudik. Namun, yang paling terpenting dari itu semua adalah mengkonsultasikan kondisi kehamilan ke dokter sebelum mudik.

"Cari tahu di mana saja lokasi istirahat yang nyaman dalam jalur mudik. Kalau di kereta, istirahatnya mungkin dengan berjalan-jalan di dalam gerbong. Kalau perlu duduk di pinggir sehingga mudah jika ingin ke toilet," tutur Anna.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7699 seconds (0.1#10.140)