alexametrics

6 Penyebab Rambut Rontok yang Umum Dialami Para Wanita

loading...
6 Penyebab Rambut Rontok yang Umum Dialami Para Wanita
Rambut rontok adalah masalah umum yang dihadapi banyak wanita. Kerontokan rambut itu normal, tapi ada batasannya. Penyebab rambut rontok itu bermacam-macam. (Today Show)
A+ A-
JAKARTA - Rambut rontok adalah masalah umum yang dihadapi banyak wanita. Dari melihat rambut rontok di kamar mandi sampai menemukan rambut di atas bantal, rambut rontok itu normal, tapi ada batasannya.

Rambut yang rontok hingga 80 helai per hari itu normal. Namun, jika rambut itu tidak tumbuh lagi, maka itu akan menjadi masalah. Penyebab rambut rontok itu bermacam-macam. Apa saja? Dikutip dari TNN, berikut ulasannya.

1. Perubahan diet
Jika Anda mencoba jenis diet baru atau tidak makan kalori, ada kemungkinan Anda kehilangan sejumlah nutrisi. Berdasarkan berat badan Anda, Anda harus makan protein dalam jumlah cukup. Idealnya, orang harus mengonsumi 0,8 gram protein per kilogram. Protein adalah salah satu nutrisi penting untuk rambut, karena folikel rambut terbuat dari protein. Kekurangan protein bisa menyebabkan rambut rontok.

2. Kekurangan vitamin

Kalau Anda mengalami kekurangan vitamin B12 dan D, maka Anda bisa mengalami kerontokan rambut. Dua bahan ini membantu mempromosikan pertumbuhan rambut dan mempertahankan kulit kepala yang sehat. B12 ditemukan pada daging dan produk susu. Jika asupan vitamin ini tidak cukup, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan multivitamin.



3. Kontrasepsi KB
Jika Anda baru saja memulai KB dengan pil atau mengubah pil KB Anda, ini bisa mempengaruhi rambut Anda. Sebagian besar pil KB mengandung progesterone, yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih kontrasepsi KB untuk tahu efek sampingnya.

4. Kehamilan

Selama kehamilan, Anda bisa mengalami banyak perubahan hormon. Ini juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Menurut pakar, siklus ini normal kecuali Anda mengalami kerontokan rambut permanen. Setelah 3—4 bulan kehamilan, rambut Anda biasanya akan kembali normal.

5. Gaya rambut Anda

Percaya atau tidak, gaya rambut Anda juga bisa memicu kerontokan rambut. Kalau Anda selalu mengikat rambut, Anda mungkin menyebabkan kerusakan rambut. Cara terbaik untuk menghentikan ini adalah berhati-hatilah dengan rambut Anda.

6. Perawatan rambut
Dari rebonding sampai pewarnaan rambut, perubahan bentuk alamiah rambut bisa menyebabkan kerontokan rambut. Cobalah membatasi perawatan kimiawi dan jangan berlebihan. Kalau Anda sudah me-rebonding rambut Anda, maka jangan mewarnai rambut Anda dan sebaliknya.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak