alexametrics

Tak Hanya Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Kesehatan Segelas Es Teh

loading...
Tak Hanya Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Kesehatan Segelas Es Teh
Segelas es teh tidak hanya mampu melegakan tenggorokan di tengah panasnya cuaca seperti sekarang ini. Dalam segelas es teh, ternyata banyak manfaat kesehatan. (Lipton)
A+ A-
JAKARTA - Bulan ini adalah bulan dengan cuaca yang sangat panas. Banyak orang berusaha menikmati hari-hari panas ini dengan meneguk segelas minuman dingin yang menyegarkan. Salah satunya adalah es teh.

Minuman ini bisa menjadi pilihan tepat karena teh adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Selain itu, segelas es teh juga memiliki manfaat kesehatan yang baik. Tidak hanya menyegarkan dan membantu mendinginkan tubuh, kandungan mineral dan vitamin di dalamnya akan bermanfaat bagi tubuh tanpa disadari.

Lantas apa saja manfaat dari segelas es teh? Dikutip dari Times Now News, berikut ulasannya.

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Salah satu hal yang terpenting untuk dilakukan di musim kemarau seperti sekarang adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang waktu. Musim panas menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan dalam bentuk keringat. Kalau tubuh kekurangan cairan, Anda bisa jadi sakit. Minum cairan dan air serta makan makanan yang banyak mengandung air bisa membantu. Es teh bisa menjadi salah satu minuman yang bisa dimasukkan dalam diet hidrasi.



2. Kaya antioksidan
Teh dikenal penuh dengan antioksidan. Mau diminum panas atau dingin, teh mengandung banyak antioksidan yang membantu tubuh melawan penyakit, infeksi, penuaan dan masalah kesehatan lainnya. Antioksidan dianggap sangat penting bagi tubuh. Menurut WebMD, teh mengandung sekitar 10 kali lebih banyak antioksidan dibanding buah dan sayur.

3. Mengontrol stres
Menurut sebuah kajian, orang yang rutin minum teh memperlihatkan level hormon stres kortisol yang lebih rendah di dalam tubuhnya setelah sebuah peristiwa yang membuat tertekan atau pemicu stres, dibandingkan mereka yang tidak rutin minum teh. Stres bertanggung jawab atas banyak masalah kesehatan dan dikaitkan dengan penyakit jantung, masalah ginjal dan masalah kesehatan mental.

4. Memperkuat tulang dan gigi

Es teh mengandung mangan yang merupakan mineral yang baik untuk diet Anda. Mineral ini membantu memperbaiki metabolisme dan juga memperkuat tulang dan gigi. Selain itu, teh, tak seperti minuman aerasi lain, tidak membahayakan email gigi.

5. Mencegah dan memerangi kanker
Sebuah kajian yang diterbitkan pada Februari 2015 di Journal of Molecular Nutrition and Food Research menemukan antioksidan utama di teh hijau, epigallocatechin -3-gallate (EGCG), membantu membunuh sel kanker dengan menghancurkan mitokondria sel tersebut. Konsumsi teh juga terkait risiko kanker kulit yang lebih rendah dan antioksidan di dalam teh juga bisa mengurangi risiko kanker pencernaan atau usus.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak