Benarkah Setelah Makan Semangka Tidak Boleh Minum?

Kamis, 06 Juni 2019 - 14:11 WIB
Benarkah Setelah Makan Semangka Tidak Boleh Minum?
Benarkah Setelah Makan Semangka Tidak Boleh Minum?
A A A
NEW DELHI - Satu-satunya hal yang baik tentang musim panas adalah mangga dan semangka. Selain super menghidrasi, semangka penuh dengan nutrisi karena mengandung likopen, kalium dan serat yang bisa menurunkan berat badan.

Semangka juga memiliki asam amino penting yang dapat mensimulasikan produksi oksida nitrat yang meningkatkan aliran darah dan mengatur tekanan darah. Jadi, buah ini pasti layak ditambahkan dalam rencana diet musim panas.

Namun, banyak orang mengatakan bahwa tidak boleh minum air, setelah makan semangka. Apakah itu benar? Apakah minum setelah makan semangka membuat sakit?

Seperti dilansir Times Of India, semangka mengandung 96 persen air dan jika Anda minum air setelah mengkonsumsi semangka, hal itu dapat menghambat sistem pencernaan dengan cara mengencerkan cairan pencernaan. Banyak orang juga percaya bahwa semangka kebanyakan mengandung air dan gula dalam bentuk fruktosa sehingga minum air tambahan setelah mengkonsumsi buah manis ini dapat menempatkan Anda pada risiko infeksi perut.

Menurut Ayurveda, beberapa kombinasi makanan mengganggu fungsi api lambung dan mengganggu keseimbangan doshas dalam tubuh. Dokter Ayurvedic menyarankan untuk tidak minum air setelah makan semangka karena dapat mempengaruhi saluran pencernaan.

Mikroba atau bakteri membutuhkan air dan gula untuk tumbuh dan berkembang. Jadi, ketika minum air setelah makan semangka, mikroba meningkatkan kemungkinan penyebaran mikroba di saluran GI. Bahkan, semangka, ketika dimakan bersama dengan makanan lain, memperlambat proses penyerapan dan pencernaan yang mengarah ke produksi gas.

Namun, tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung bahwa seseorang seharusnya tidak minum air setelah makan semangka, tetapi sesuai Ayurveda, yang terbaik adalah menghindarinya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4661 seconds (0.1#10.140)