Mamafuji, dari Instagram Story hingga Beromzet Miliaran Rupiah

Minggu, 07 Juli 2024 - 01:30 WIB
loading...
Mamafuji, dari Instagram...
Frans Faisal begitu jeli melihat peluang bisnis. Melalui media sosialnya, Frans sukses memulai usaha kuliner khas Minang yang dikenal dengan merek Mamafuji. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Frans Faisal begitu jeli melihat peluang bisnis. Melalui platform media sosialnya, Frans sukses memulai usaha kuliner tradisional khas Minang yang dikenal dengan merek Mamafuji. Bisnisnya berhasil meraih omzet miliaran rupiah dan menarik minat dari berbagai masyarakat hingga para artis sebagai pelanggannya.

Kekuatan media sosial memang memberikan dukungan yang kuat dalam berbagai aspek, termasuk dalam dunia bisnis. Sama halnya dengan Frans yang memulai usahanya dengan bermodalkan video makanan Padang yang sering ia santap di Instagram Story.

“Awal mula merintis Mamafuji itu tahun 2022, idenya bermula ketika saya story makan rendang dan kue bawang di Instagram. Ternyata banyak netizen yang minta dan menginginkan makanan tersebut. Akhirnya karna melihat pasar yang memungkinkan, maka lahirlah brand Mamafuji,” kata Frans.

Namun, merintis usaha kuliner bukan hal mudah. Frans melakukan banyak riset pasar untuk makanan yang akan dijualnya. Hingga akhirnya, nama Mamafuji dipilihnya sebagai nama merek yang menggambarkan sosok peracik resepnya yaitu Dewi Zuhriati atau akrab disapa Mamanya Fuji.



“Nama merek Mamafuji diambil karena resep dan pembuatnya dari ibu saya yaitu Ibu Dewi Zuhriati yang sering dipanggil Oma Gala atau Mama Fuji oleh netizen,” ujar pria lulusan S-1 jurusan manajemen tersebut.

Frans dan Dewi akhirnya sepakat menghadirkan produk khas Payakumbuh yang resepnya orisinil dan turun-temurun seperti rendang, kue bawang, dan dendeng. Kemudian seluruh prosesnya termasuk pengiriman barang ke layanan ekspedisi, dikerjakan sendiri oleh keduanya.

Saat memulai bisnisnya, Frans hanya mengandalkan pesanan pre-order atau hanya memproduksi barang yang telah dipesan oleh pembeli lewat Instagram Story. Namun tidak disangka, ia lantas mendapatkan pesanan sebanyak 100 bungkus kue bawang dalam beberapa detik.

“Ketika melihat respons netizen di story, rata-rata netizen menginginkan produk kue bawang dan rendang. Akhirnya aku buka pre order untuk produk tersebut sebanyak 100 pcs. Alhamdulillah langsung ludes," tambah kakak kandung Fujianti Utami Putri atau yang akrab disapa Fuji.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)