alexametrics

Arsip Diretas, Radiohead Rilis 18 Jam Musik Album OK Computer

loading...
Arsip Diretas, Radiohead Rilis 18 Jam Musik Album OK Computer
Radiohead merilis 18 jam musik yang tercipta saat rekaman album OK Computer setelah arsip milik Thom Yorke diretas dan disandera dengan tebusan Rp2,1 miliar. (NME)
A+ A-
LONDON - Saat ini, siapa pun rentan terkena peretasan data melalui jaringan internet, termasuk para artis sekalipun. Artis yang menjadi korban terakhir aksi peretasan ini adalah band asal Inggris, Radiohead.

Arsip MiniDisc milik pentolan Radiohead, Thom Yorke, diretas orang tak bertanggung jawab. Tak hanya diretas, data di arsip itu pun disandera dan peretas meminta Thom untuk menebus data-data itu dengan sejumlah uang.

Tak mau menyerah kepada penyandera data, kesempatan ini justru dimanfaatkan Radiohead untuk merilis semua musik yang belum pernah diperdengarkan dari arsip itu ke laman Bandcamp mereka. Musik-musik itu adalah musik yang direkam saat band itu membuat album OK Computer.



Tak tanggung-tanggung, Radiohead merilis musik “yang nggak menarik” sepanjang 18 jam yang tercipta saat mereka membuat album yang dirilis pada 1997 itu. Arsip MiniDisc Thom itu disandera dengan uang tebusan sebesar USD150.000 (Rp2,1 miliar).

Radiohead memberi kesempatan kepada para penggemar untuk membeli musik itu seharga USD18 (Rp256.000) selama 18 hari ke depan untuk mengetahui apakah mereka harus membayar uang tebusan itu. Seluruh uang yang didapatkan dari hasil penjualan musik tersebut akan didonasikan ke grup kampanye perubahan iklim Extinction Rebellion.

“Pekan lalu, kami diretas—seseorang mencuri arsip minidisk Thom dari sekitar OK Computer dan dilaporkan meminta USD150.000 dengan ancaman akan merilis musik itu. Jadi, ketimbang mengeluh—banyak—atau mengabaikannya, kami merilis seluruh 18 jam musik di Bandcamp untuk membantu Extinction Rebellion. Untuk 18 hari ke depan, dengan 18 poundsterling, kalian bisa tahu apakah kami harus membayar uang tebusan itu. Nggak pernah dimaksudkan untuk konsumsi publik (meski beberapa klipnya ada yang masuk kaset di reissue OK Computer), musik ini hanya menarik secara bersinggungan. Dan, sangat, sangat panjang. Bukan untuk unduhan telepon,” papar gitaris Radiohead Jonny Greenwood yang dikutip Bang Showbiz.

OK Computer adalah salah satu album hit Radiohead. Di album ini ada sejumlah single kondang seperti No Surprises, Karma Police dan Paranoid Android. Album ini memenangkan Grammy Award untuk kategori album musik alternatif terbaik pada 1998.

“Kami barusan diretas. Mini disc arsip saya dari 1995—1998 (?). Musiknya sangat nggak menarik, banyak sekali. Kalau kalian mau, kalian bisa membeli banyak. 18 minidisk dengan harga 18 poundsterling. Uangnya akan didonasikan ke Extinction Rebellion. Karena ini ada di luar snaa, maka ini akan baik-baik saja. Sampai kita semua bosan dan melangkah maju,” tulis Thom di laman Bandcamp Radiohead.
(alv)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak