alexametrics

Captain America dan Wolverine, Siapa yang Lebih Tua?

loading...
Captain America dan Wolverine, Siapa yang Lebih Tua?
Captain America adalah pahlawan tertua di Marvel Cinematic Universe dan Wolverine adalah yang tertua di franchise X-Men. (KOMBO)
A+ A-
Di dunia film Marvel secara keseluruhan, ada dua tokoh ikonik yang sama-sama punya umur panjang. Mereka adalah Steve Rogers alias Captain America dari Marvel Cinematic Universe (MCU) dan Logan alias Wolverine dari franchise film X-Men. Selama bertahun-tahun, pemeran Steve dan Logan tidak pernah diganti orang. Steve diperankan Chris Evans dan Logan diperankan Hugh Jackman.

Selain aktornya yang tidak pernah diganti, kedua tokoh itu dikenal sebagai pahlawan yang banyak dipuja di dunia film Marvel. Keduanya secara fisik adalah mesin tempur dan pemimpin tim superhero yang berbeda. Logan dan Steve juga memiliki senjata yang dibuat dari logam yang tidak bisa sangat kuat. Cakar Wolverine terbuat dari adamantium dan tameng Cap dibuat dari vibrarium.

Sejauh ini, keduanya adalah tokoh paling tua di dunia superhero Marvel. Logan berumur panjang berkat faktor penyembuhan mutannya dan Steve mendapatkannya dari Serum Tentara Super dan perjalanan menembus waktu. Nah, siapakah yang paling tua di antara mereka?



Dikutip dari Screen Rant, Captain America telah membintangi sejumlah film low-budget, sedangkan Wolverine membuka jalan ke Hollywood pada 2000 lewat film X-Men dan Hugh sudah muncul di tiap film X-Men hingga Logan pada 2017. Captain America butuh waktu 11 tahun untuk bisa mengejar film blockbusternya. Namun, tiga film Captain America dan empat film Avengers membayangi pendapatan box office X-Men dan pujian para kritikus dan penggemar.

Dalam dua tahun terakhir, penggemar telah menyaksikan akhir nasib Logan dan Captain America. Wolverine mati di Logan dan Captain America kembali ke masa lalu dan membiarkan dirinya hidup secara normal dan menua setelah menyelamatkan semesta di Avengers: Endgame. Jadi, pada saat cerita Logan dan Steve selesai, mereka adalah Old Man Logan dan Old Man Cap. Berdasarkan tahun kelahiran Logan, maka Logan lebih tua ketimbang Cap. Namun, perjalanan menembus waktu yang dilakukan Steve di Endgame telah menutup selisih usia tersebut.

Menurut X-Men Origins: Wolverine, James Howlett—nama lahir Logan, lahir pada 1832 di Northwest Territories Kanada. Faktor penyembuhan dan cakar mutannya muncul pada 1845 ketika dia berusia 13 tahun, ketika dia lari dari rumah dan menjadi tentara. Logan kemudian bertempur di Perang Sipil Amerika, dua Perang Dunia dan Vietnam. Bertahun-tahun kemudian, meskipun tidak jelas karena kacaunya lini masa X-Men, Wolverine bergabung dengan X-Men. Dia membantu menyelamatkan mutan dari kepunahan di masa depan pasca-apocalyptic X-Men: Days of Future Past. Namun, Old Man Logan akhirnya mengembuskan napas terakhir di masa depan alternatif 2029 di film Logan. Ini artinya Logan berusia 197 tahun ketika dia mati.

Sementara untuk Captain America, Steve lahir pada 4 Juli 1918 di Brooklyn, New York. Pada 1942, patriot bertubuh kecil dengan hati besar itu masuk ke Angkatan Darat AS dan mendapatkan Serum Tentara Super. Dia kemudian berubah menjadi seorang superhero bernama Captain America. Setelah bertempur di Perang Dunia II, dia membeku di es arktik pada 1945 dan dibangkitkan kembali sebelum The Avengers dibentuk pada 2012. Di Avengers: Endgame, Cap berusia 105 tahun ketika Avengers mengalahkan Thanos pada 2023. Namun, setelah mengembalikan Batu Keabadian dan menjelajah waktu, Steve memutuskan kembali ke tahun 1945 dan hidup bahagia bersama cinta sejatinya, Peggy Carter. Itu artinya, jika ditambahkan waktu 78 tahun antara 1945—2023, Cap berusia 183 tahun ketika dia menyerahkan tamengnya kepada Sam Wilson di akhir Avengers: Endgame.

Jadi, Wolverine lebih tua ketimbang Captain Marvel ketika penggemar terakhir kali melihatnya. Namun, Logan mati pada 2029. Jika Steve bisa hidup setelah 2029, maka dia akan berusia 189 tahun, masih 8 tahun lebih muda ketimbang Logan. Namun, karena tidak bisa dikatkan kapan Steve bakal mati, kalau dia bisa bertahan hidup selama 10 tahun lagi, maka Steve akan menjadi pahlawan tertua Marvel, bukan hanya Avenger tertua. Namun, karena Logan terjadi di lini masa berbeda, maka itu mungkin tidak akan terlampaui. Apalagi, di lini masa reboot di X-Men: First Class yang berakhir dengan Dark Phoenix, yang ber-setting pada 1993, Wolverine belum secara resmi bergabung dengan X-Men dan dia mungkin tidak mati pada 2029 seperti yang digambarkan Logan. Terlebih, ada kemungkinan Old Man Logan akan melampaui usia Old Man Cap di masa depan. Namun, apa yang terjadi ketika X-Men bergabung dengan MCU—dan kedua pahlawan itu diperankan orang berbeda ketika itu terjadi—masih dalam perkiraan banyak orang.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak