alexametrics

B.I Mundur dari iKon, Netizen Luncurkan Petisi terhadap YG

loading...
B.I Mundur dari iKon, Netizen Luncurkan Petisi terhadap YG
YG Entertainment resmi memutus kontrak eksklusif B.I setelah menyatakan mundur dari iKon terkait skandal narkoba. Petisi terhadap artis YG kemudian muncul. (Instagram)
A+ A-
SEOUL - YG Entertainment menyatakan telah mengakhiri kontrak eksklusif B.I dari boyband iKon. Sebelumnya, B.I menyatakan mundur dari iKon setelah tersangkut skandal narkoba.

"Halo, ini YG Entertainment. Kami ingin meminta maaf kepada semua orang yang kecewa dengan masalah pribadi artis YG, Kim Han Bin (nama asli B.I). Kim Han Bin merasakan tanggung jawab yang besar setelah kejadian itu, dan kami juga telah menangani masalah ini dengan serius," tulis YG Entertainment seperti dilansir dari Koreaboo.

"Telah diputuskan bahwa ia akan menarik diri dari iKON dan kontraknya dengan YG Entertainment akan berakhir. YG sadar bahwa kita perlu mempertahankan tanggung jawab manajemen untuk artis kita. Kami ingin sekali lagi meminta maaf dengan tulus atas masalah yang terjadi," lanjut agensi itu.



Dalam beberapa jam setelah berita tersebut, harga saham YG Entertainment anjlok dan B.I juga akan dikeluarkan dari kedua variety show yang dia ikuti. Sebelumnya, sebuah laporan eksklusif oleh Dispatch mengungkapkan bahwa B.I dicurigai melakukan kejahatan narkoba seperti berusaha membeli LSD dan marijuana pada Agustus 2016 lalu.

Namun, meski curiga, polisi tidak menyelidiki dia. Dispatch telah mengakuisisi log obrolan Kakaotalk antara B.I dan Mr A. Percakapan tersebut berisikan tentang narkoba dimulai pada April 2016. Dalam obrolan pertama yang diungkapkan Dispatch, B.I bertanya tentang LSD, dan bahkan meminta diskon.

B.I juga bertanya tentang membeli 10 dosis sekaligus dan kembali meminta diskon untuk pembelian yang lebih besar. Pada Agustus 2016, seorang pria ditangkap setelah melanggar Undang-Undang Pengendalian Narkoba. Polisi menyita ponsel dari rumahnya, dan memperoleh log obrolan Kakaotalk ini. Dia mengakui dalam penyelidikan polisi bahwa log obrolan Kakaotalk benar.

Dia menyatakan bahwa dia mengirim 10 dosis LSD ke lokasi di dekat akomodasi B.I, atas permintaan B.I pada 3 Mei 2016. Juga diungkapkan oleh Dispatch bahwa B.I bertanya apakah 0,5 gram LSD memiliki efek, dan bagaimana menggunakan LSD dan ganja pada saat yang sama. Mr A juga memperingatkan B.I untuk tidak berbicara dengan orang lain tentang narkoba.

Setelah peristiwa ini, seorang pria lain yang dikenal sebagai Tuan C, seorang pengedar narkoba juga ditangkap. Polisi menemukan nama B.I di antara mereka yang telah membeli narkoba darinya. Setelah mendapatkan pengakuan C, mereka menangkap A dan menyita ponselnya, membenarkan nama B.I. Polisi menyelidiki A dan A pada awalnya mengkonfirmasi bahwa B.I adalah anggota idola pada 22 Agustus 2016.

Polisi memperoleh catatan obrolan singkat yang menunjukkan bagaimana B.I ingin memastikan bukti tidak akan diselamatkan, dengan menggunakan Snapchat sebagai ganti Kakaotalk. Bahkan dengan konfirmasi mereka, polisi tidak memanggil B.I untuk diselidiki, baik sebagai tersangka atau sebagai saksi. Ini karena A membalikkan pernyataannya pada 30 Agustus 2016, menyatakan B.I memang meminta LSD, tetapi dia tidak benar-benar membelinya.

Ketika A ditanya dari mana B.I mendapatkan ganja dan menghisapnya, A menjawab dia tidak tahu. Departemen Kepolisian Yongin menetapkan bahwa bukti tidak cukup untuk memanggil B.I untuk diselidiki, namun seorang mantan penyelidik narkoba menyebut penyelidikan pada dasarnya tidak ada.

Dengan kontroversi baru-baru ini di YG Entertainment, sejumlah orang membuat petisi dan meminta penangguhan atau menghentikan kegiatan para artis agensi tersebut. Pada 12 Juni lalu misalnya, seseorang membuat petisi dan mempostingnya di papan buletin petisi Blue House.

"Selebritas YG Entertainment terus-menerus terlibat dalam kasus narkoba dan ganja dan harus menghentikan aktivitas mereka di semua siaran," tulis petisi tersebut seperti dilansir dari Soompi.

“YG Entertainment menampung sejumlah besar penyanyi, aktor, dan penghibur idola. Ada banyak skandal narkoba baru-baru ini. Untuk mengatakan bahwa ini hanya kecurigaan, ada terlalu banyak skandal narkoba yang terjadi di satu agensi, yang mengarah ke masalah serius di dalam perusahaan," lanjut petisi tersebut.

Tak tanggung-tanggung, petisi tersebut meminta seluruh artis yang berada dinaungan YG Entertainment untuk menghentikan kegiatan mereka di semua media penyiaran. Mereka juga meminta untuk diadakannya penyelidikan internal terhadap agensi tersebut.

"Mereka harus dihentikan dari kegiatan mereka di semua media penyiaran, dan penyelidikan internal menyeluruh terhadap agensi harus dilakukan," tambah petisi itu.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak