alexametrics

Tidur dengan Cahaya Lampu Bikin Gemuk, Ini 5 Cara Mengatasinya!

loading...
Tidur dengan Cahaya Lampu Bikin Gemuk, Ini 5 Cara Mengatasinya!
Sebuah kajian yang dipublikasikan di JAMA Internal Medicine menemukan kaitan antara paparan terhadap cahaya lampu saat tidur di malam hari dengan naiknya berat badan wanita. (Medical News Today)
A+ A-
JAKARTA - Setiap orang punya cara tersendiri untuk bisa tidur. Ada yang bisa tidur di kondisi apa pun, meskipun sedang di tengah-tengah keramaian atau cahaya terang benderang. Namun, ada juga yang baru bisa tidur ketika berada di ruangan gelap yang sunyi senyap. Ada juga yang suka tidur dengan keremangan lampu kamar agar mereka tidak repot ketika terbangun untuk pipis atau ingin minum di tengah malam. Namun, tahukah Anda jika ada kaitannya antara tidur dengan cahaya lampu dengan naiknya berat badan?

Sebuah kajian yang dipublikasikan di JAMA Internal Medicine menemukan kaitan antara paparan cahaya lampu saat tidur di malam hari dengan naiknya berat badan wanita. Kajian ini menyarankan pengurangan penggunaan cahaya lampu saat tidur bisa mengurangi peluang naiknya berat badan pada wanita. Dikutip dari Times Now News, ada sejumlah cara untuk mengganti cahaya lampu kamar saat tidur di malam hari.

1. Latih diri untuk tidur tanpa paparan cahaya
Seperti jika Anda melatih tubuh dan pikiran untuk tidur di tengah temaram cahaya lampu, atau cahaya atau suara TV, Anda pun bisa melatih tubuh dan pikiran untuk bisa tidur tanpa cahaya. Menurut National Sleep Foundation, cahaya memerankan peranan sangat penting dalam mengatur tidur dan jam biologis Anda dan tidur di bawah cahaya bukanlah cara tidur yang terbaik. Kajian lain membuktikan, tidur dengan cahaya yang menyala terkait kualitas tidur yang buruk dan sering kali terbangun saat tidur di malam hari. Tidak hanya kenaikan berat badan, tidur dengan cahaya menyala juga bisa menyebabjkan masalah lain.

2. Nyalakan cahaya lampu dari luar kamar

Anda bisa memanfaatkan cahaya dari balkon atau di luar kamar bukan di dalam kamar Anda. Cahaya ini bisa berfungsi sebagai lampu malam jika Anda tidak bisa tidur tanpa bantuan sedikit cahaya di dalam kamar.

3. Jauhi layar satu jam sebelum tidur

Paparan layar sebelum tidur mengurangi kualitas tidur. Anda mungkin bisa tidur tanpa cahaya, tapi paparan layar sebelum tidur bisa meningkatkan keinginan Anda untuk mendapatkan cahaya sebelum tidur. Jauhkanlah semua layar, seperti laptop, TV, smartphone dan lain-lain dan cobalah membaca buku atau majalah sebelum tidur.



4. Meditasi
Kalau Anda punya masalah tidur karena ketiadaan lampu, meditasi tidur bisa membantu. Hitung mundur, menghitung domba atau metode lain yang memfokuskan pikiran Anda dan menjauhkan Anda dari hal-hal yang membuat Anda sulit tidur bisa benar-benar membantu.

5. Atur jam biologis Anda
Bangunlah di jam yang sama tiap hari dan cobalah tidur di jam yang sama. Ini bisa membantu melatih pikiran dan mengatur jam biologis Anda. Kalau Anda mempraktikkannya secara rutin, Anda tidak akan butuh cahaya apa pun untuk tidur. Tubuh Anda akan merasa lelah dan butuh tidur di saat yang tepat. Anda hanya perlu berbaring dan tidur seperti seorang bayi, bahkan di dalam kamar gelap.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak