Viral! Tren Cairan Infus Dijadikan Toner Wajah, Dokter Kulit Beberkan Risikonya

Rabu, 10 Juli 2024 - 14:30 WIB
loading...
Viral! Tren Cairan Infus...
Laman TikTok belum lama ini diramaikan dengan konten video terkait tren penggunaan cairan infus jenis NaCl 0,9% sebagai toner wajah. Foto Ilustrasi/TikTok @darma_181
A A A
JAKARTA - Laman TikTok belum lama ini diramaikan dengan konten video terkait tren penggunaan cairan infus jenis NaCl 0,9% sebagai toner wajah. Beberapa pengguna di konten tersebut mengklaim, cairan infus bisa bikin wajah lebih glowing hingga menghilangkan jerawat.

Bahkan kolom komentar konten itu juga diramaikan dengan klaim serupa. Tak sedikit warganet yang mengaku bahwa kulit mereka bisa mulus kembali dari jerawat dan beruntusan, berkat cairan infus yang dijadikan toner tersebut.

Namun di sisi lain, masih banyak juga warganet yang memperdebatkan soal keefektifan dan keamanan penggunaan cairan infus itu sebagai toner wajah.



Lantas, apakah penggunaan cairan infus efektif dan aman digunakan sebagai toner wajah?

Sebenarnya beberapa dokter kecantikan kulit sudah banyak yang berkomentar terkait tren satu ini. Hampir semuanya sepakat bahwa menggunakan cairan infus untuk toner itu tidak dianjurkan.

Menurut dokter spesialis kulit dan kecantikan, dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, infus merupakan cairan fisiologis yang memiliki kesamaan karakter dengan cairan tubuh, sehingga tidak bisa dijadikan toner.

“Kalau infus itu nggak bisa dijadiin toner. Infus itu nacl 0.9 %. Itu adalah cairan fisiologis, artinya sama seperti cairan tubuh,” ujar dr. Darma melalui akun TikToknya, @darma_181, dikutip Rabu (10/7/2024).

Dokter Darma menjelaskan, sesuai fungsinya, infus hanya efektif untuk mengompres dan membersihkan luka. Namun, kandungan cairan pada infus tidak akan bisa mengangkat kotoran atau mengatasi berbagai masalah kulit di wajah.

“(Infus) biasanya dipakai masuk ke darah atau bisa untuk kompres luka membersihkan luka. Kandungannya itu nggak akan bisa mengangkat kotoran atau membersihkan wajah. Jadi infus itu nggak bisa digunakan sebagai toner,” bebernya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)