Mudahnya Mengolah Cumi Bakar Isi Telur

Jum'at, 21 Juni 2019 - 12:32 WIB
Mudahnya Mengolah Cumi Bakar Isi Telur
Mudahnya Mengolah Cumi Bakar Isi Telur
A A A
JAKARTA - Dibandingkan ikan, cumi merupakan seafood yang mudah diolah. Dengan teknik memasak yang tepat, cumi bisa menjadi masakan super lezat, nikmat dan menggugah selera. Cumi Bakar Isi Telur misalnya.

Makanan yang satu ini menawarkan cita rasa gurih yang bikin makan siang ini jadi nambah. Berikut resep membuat Cumi Bakar Isi Telur seperti dikutip akun Instagram @berbagiresep. (Baca juga: Tips Memasak Oseng Daun Pepaya ).

Bahan-bahan:
500 gr cumi
1 bh jeruk nipis

Bumbu halus:
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
50 gr cabe merah keriting
5 bh cabe rawit
3 cm jahe
3 cm kunyit
1/2 sdt ketumbar bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt lada
1/2 sdt penyedap jamur

Bahan isian:
4 btr telur
1 btg daun bawang, iris
1/2 sdt garam
1/4 sdt penyedap jamur
50 ml minyak sayur
Tusuk gigi atau lidi

Cara membuat:
Cuci bersih cumi, kucuri perasan air jeruk, bilas, beri sejumput garam. Sisihkan. Buat bahan isian, campur semua bahan isian, aduk rata. Kemudian dadar orak arik. Angkat. Ambil 1 cumi kemudian masukkan bahan isian telur kedalam cumi hingga penuh. Tutup dengan kepala cumi dan sumbat dengan tusuk gigi agar isian tidak keluar. Lakukan sampai habis. Sisihkan.

Haluskan bumbu halus dan tumis hingga harum. Masukkan cumi, aduk rata, beri gula, garam, lada dan penyedap jamur secukupnya. Koreksi rasa. Masak hingga bumbu menyusut. Angkat. Bakar dengan kedua sisi matang merata, sembari dioles dengan bumbu yang tersisa. Cumi bakar isi telur siap dihidangkan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4478 seconds (0.1#10.140)